Kenali Sistem Penggajian Payroll yang Berlaku di Indonesia

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

sistem penggajian payroll
Isi Artikel

Penggajian adalah salah satu pekerjaan administrasi yang perlu dilakukan oleh setiap perusahaan yang mempekerjakan karyawan. Pembayaran upah atau gaji tersebut tentunya memiliki sistem penggajian payroll tersendiri agar dapat dilakukan dengan efektif.

Sistem penggajian di Indonesia sudah diatur dalam UU Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003. Dimana memuat berbagai pasal terkait kewajiban pengusaha dalam membayarkan upah kepada pekerja/buruh yang bersangkutan.

Pasal 17 ayat (2) dalam UU Ketenagakerjaan menjelaskan kewajiban pengusaha dalam memberikan bukti pembayaran upah ketika melakukan penggajian.

Sementara itu, pengusaha diwajibkan untuk membayar upah pada waktu yang telah diperjanjikan di awal sebagaimana diatur dalam Pasal 18.

Untuk mengetahui lebih dalam sistem penggajian payroll yang ada di Indonesia, dalam artikel ini akan mengulas beberapa jenis umum yang digunakan di Indonesia.

 

3 Sistem Penggajian Payroll yang Berlaku di Indonesia

Terdapat beberapa jenis sistem penggajian payroll di Indonesia yang berlaku sesuai dengan segala pertimbangannya. Baik itu jabatan, produktivitas, tanggung jawab, dan lain-lain yang membedakannya satu sama lain.

Berikut 3 sistem penggajian yang berlaku di Indonesia.

 

1. Sistem Penggajian Skala Tunggal

Sistem penggajian yang pertama ini disebut skala tunggal dimana sistem penggajiannya berdasarkan jabatan atau pangkat karyawan dalam perusahaan. Sistem ini tidak mempertimbangkan tugas atau tanggung jawab yang diemban oleh karyawan.

Maka, setiap karyawan yang berada dalam jabatan yang sama akan mendapatkan besaran upah yang kurang lebih sama. Dengan begitu, semakin tinggi jabatan seseorang maka tentunya akan semakin tinggi upah yang didapatkan tanpa memperhatikan tanggung jawabnya.

Keuntungan dari sistem penggajian skala tunggal adalah kesederhanaannya dalam proses penghitungan. Bagian keuangan perusahaan hanya perlu memperhatikan posisi atau jabatan karyawan dalam menghitung besaran upah yang akan diterima.

Meskipun demikian, terdapat kekurangan yang perlu Anda perhatikan. Perhitungan sistem penggajian skala tunggal dinilai kurang adil.

Hal ini karena perusahaan tidak mempertimbangkan hal-hal penting seperti beban kerja dan kinerja karyawan. Sehingga, seberapa besar tanggung jawab dan kinerja yang diberikan oleh karyawan tidak akan mempengaruhi besaran upah karena orientasinya hanya jabatan atau pangkat.

 

Baca juga: Khusus Untuk Tim Payroll, Pahami 5 Prosedur Sistem Penggajian Berikut Ini

 

2. Sistem Penggajian Skala Ganda

Sistem penggajian skala ganda berbeda dengan skala tunggal dimana perusahaan akan mempertimbangkan kinerja karyawan. Contohnya seperti mempertimbangkan jenis pekerjaan, beban kerja, prestasi, dan lainnya.

Sehingga, semakin baik kinerja yang diberikan oleh karyawan maka akan semakin besar upah yang akan mereka terima. Dengan sistem penggajian seperti ini, maka karyawan akan berlomba-lomba dalam memberikan output kinerja yang jauh lebih baik.

Sistem ini tentunya jauh lebih adil dibandingkan dengan sistem penggajian tunggal. Meskipun demikian, terdapat keuntungan dan kekurangan dalam menggunakan sistem penggajian payroll skala ganda.

Keuntungan dari menerapkan sistem penggajian ini yaitu dapat memotivasi masing-masing karyawan agar memberikan kinerja yang terbaik. Sementara itu, semakin baik kinerja yang dihasilkan karyawan maka dapat meningkatkan produktivitas perusahaan juga.

Namun, sistem penggajian skala ganda dapat menjadi tidak adil ketika karyawan telah pensiun. Hal ini karena besaran yang akan didapatkan sama meskipun kinerja yang diberikannya berbeda ketika masih bekerja dalam perusahaan tersebut.

 

3. Sistem Penggajian Campuran

Sistem penggajian campuran ini merupakan gabungan kedua sistem skala tunggal dan skala ganda. Sistem penggajian ini cukup banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Perusahaan akan memberikan upah yang sama dengan posisi jabatan yang sama namun dengan menambahkan tunjangan. Tunjangan ini dapat berupa tunjangan atas beban kerja yang diemban oleh karyawan, sehingga jauh lebih adil.

 

Baca juga: Adakah Software Payroll Murah, Berkualitas, dan Akurat?

 

Software Payroll LinovHR Mendukung Kebutuhan Berbagai Sistem Penggajian

 

payroll

 

Untuk menyesuaikan sistem penggajian payroll perusahaan Anda dengan jenis sistem penggajian yang berlaku, tentunya membutuhkan Software Payroll seperti LinovHR.

Software Payroll LinovHR dapat membantu Anda dalam kompleksitas kebutuhan penggajian perusahaan. Pastinya Anda dapat mengelola data payroll perusahaan Anda secara otomatis dengan tingkat akurasi tinggi.

Berbasis sistem cloud dan dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan seperti Payroll Component yang dapat Anda gunakan untuk mengelola komponen gaji karyawan.

Anda juga dapat memanfaatkan fitur Employee Set untuk mengelompokkan beberapa karyawan dalam hal penerimaan gaji.

Hal tersebut tentunya dapat memudahkan Anda dalam melakukan penghitungan upah karyawan lengkap dengan beragam komponen yang mempengaruhinya.

Tidak hanya itu, Software Payroll LinovHR juga memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin membuat slip gaji dengan lebih cepat dan praktis. Slip gaji tersebut tentunya sudah siap dicetak dan didistribusikan kepada karyawan.

Segera beralih kepada Software Payroll LinovHR untuk memudahkan sistem penggajian payroll perusahaan Anda.

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter