time attendance system

7 Rekomendasi Time Attendance System untuk Perusahaan Anda

Time attendance system merupakan sistem yang digunakan untuk melacak dan memantau kapan karyawan mulai dan berhenti bekerja. 

Sistem waktu dan kehadiran memungkinkan HR untuk memantau jam kerja karyawan mereka dan kedatangan terlambat, keberangkatan awal, waktu istirahat dan ketidakhadiran.

Penggunaan time system attendance ini memang sudah cukup umum di berbagai perusahaan karena manfaat yang diberikan.

 

 

Apa itu Time Attendance System?

Sesuai dengan penjelasan dari time attendance system itu sendiri, sistem ini memudahkan HR untuk melakukan pendataan perihal absen clock-in dan juga clock-out sehingga HR dapat mengetahui dengan mudah karyawan mana saja yang tidak masuk kerja, sering terlambat dan juga lembur bekerja. 

Pemilihan time attendance system mungkin memang terdengar cukup sepele, padahal masalah yang satu ini memerlukan solusi yang sangat tepat dalam pemilihannya.

Maka dari itu, sangat penting bagi perusahaan untuk memilih software terbaik untuk mengelola data absensi karyawan sehingga keberlangsungan bisnis pun menjadi lebih lancar. 

Karena hal inilah, ada banyak layanan time attendance system yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan.

 

Baca Juga: Rekomendasi Sistem HRIS Online untuk Perusahaan

 

7 Time Attendance System Terbaik

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang mungkin dapat Anda coba.

 

1. LinovHR

Aplikasi Absensi Online
Mobile ESS LinovHR

 

Layanan time attendance system oleh ESS dari LinovHR merupakan layanan yang sangat praktis untuk digunakan perihal absen, mulai dari clock-in dan clock-out, leave request, dan juga layanan lainnya yang dapat membantu memberikan kemudahan kepada karyawan perihal administrasi lainnya. 

LinovHR menawarkan jasa payroll yang tentunya bisa menjadi solusi anti ribet dalam persoalan penggajian karyawan hingga pemotongan pajak PPh 21. 

Tidak sampai di sini saja, LinovHR juga masih memiliki banyak modul fitur lainnya yang dapat memudahkan proses kinerja seluruh karyawan.

Dengan kelebihan dan keunggulan yang dimiliki oleh LinovHR, pastinya Anda akan terbantu banyak dalam hal manajemen dan juga pengelolaan Human Resource hingga payroll. 

 

2. Rippling

Dengan rippling, Anda bisa mendapatkan software pelacakan waktu yang baik, sehingga beban kerja pun menjadi lebih ringan karena adanya rutinitas otomatis yang langsung masuk ke pendataan.

Pengaturannya pun sangat mudah, apalagi bila seorang karyawan kerja lebih dari 8 jam, maka sistem akan langsung menghitung absen karyawan tersebut sebagai lembur dan tarif lembur pun akan langsung masuk ke dalam sistem payroll.

 

3. OnTheClock

OnTheClock memiliki sistem GPS yang dapat memberikan kemudahan untuk karyawan melakukan clock-in dan clock-out melalui perangkat seluler mereka masing-masing setiap tiba atau meninggalkan lokasi kerja.

Anda juga dapat mengatur geofencing untuk memastikan karyawan hanya clock-in ketika mereka benar-benar hadir di lokasi dan meletakkan pin untuk titik masuk ketika pekerjaan lebih jauh.

 

Baca Juga: Perbandingan Manajemen Jadwal Menggunakan Attendance System dan Manual

 

4. QuickBooks Time

Dengan QuickBooks, karyawan dapat melakukan check-in dari mana saja menggunakan aplikasi timesheet di smartphone. Aplikasi akan melacak waktu bahkan jika WiFi dan layanan seluler tidak tersedia.

Anda dapat memanfaatkan teknologi geofencing untuk menggambar radius virtual di sekitar lokasi kerja Anda. Ini memungkinkan Anda untuk memastikan karyawan Anda berada di tempat yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan.

 

5. TimeClock

TimeClock Plus memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman menyediakan layanan untuk bisnis. Mereka menyediakan peralatan terbaik untuk setiap sistem waktu dan kehadiran.

Time attendance system milik TimeClock memiliki alat manajemen ketidakhadiran bawaan yang terintegrasi dengan perangkat lunak penjadwalan karyawan Anda juga. Atau, Anda dapat menggunakan sistem penjadwalan tenaga kerja TimeClock Plus jika Anda belum memilikinya.

 

6. Stratustime

Stratustime merupakan software yang fleksibel, karena sangat sederhana untuk digunakan siapa saja. Manajer, karyawan, dan bahkan staf penggajian mendapat manfaat dari software yang satu ini. Stratustime menawarkan cara sederhana namun intuitif bagi karyawan untuk masuk, keluar, dan meminta waktu istirahat.

 

7. iSolved Time

iSolved Time adalah solusi lengkap lainnya untuk waktu dan kehadiran. Ini adalah cara sederhana bagi manajer, supervisor, pemilik bisnis, dan karyawan untuk mengelola pelacakan waktu.

Sistem ini menawarkan berbagai solusi termasuk jam waktu, aplikasi seluler untuk pelacakan waktu, self-service tools untuk karyawan, dan yang lainnya.

 

Baca Juga: Cara Membuat Attendance Form di Google dan Excel

 

Kelebihan Mobile ESS LinovHR

aplikasi absen online
Aplikasi Absensi

 

Saat ini, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk permasalahan kehadiran karyawan. Karena, mobile ESS LinovHR yang dilengkapi dengan fitur time management akan mempermudah permasalahan yang berhubungan dengan SDM.

Tidak hanya dapat digunakan sebagai Aplikasi time attendance system, mobile ESS LinovHR juga dapat membantu karyawan untuk melakukan pencatatan pada timesheet, mengisi worksheet, serta dapat mengajukan permission, leave dan overtime request.

Fitur-fitur LinovHR:

  • Reimbursement
  • Payroll
  • Loan
  • Recruitmen
  • Performance Management
  • Learning Management System

 

Demikian beberapa rekomendasi time attendance system yang dapat perusahaan Anda gunakan.

Bantuan sistem tentu dapat mengatasi pengelolaan kehadiran dan jadwal kerja karyawan yang awalnya rumit menjadi lebih sederhana.  Semoga ulasan di atas dapat membantu!