bekerja dari rumah

7 Tips Bekerja dari Rumah di Tengah Pandemi Virus Corona

Belakangan ini dunia telah digemparkan dengan perkembangan virus Corona yang muncul di berbagai negara. Virus ini cepat sekali menular dari satu individu ke individu lain. Presiden Joko Widodo melalui akun Instagram resminya menghimbau masyarakat untuk melakukan kegiatan seperti bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah.

 

Apa Itu Virus Corona?

Menurut World Health Organization (WHO), virus Corona masih bagian dari keluarga besar adalah CoV yang menyebabkan flu. Beberapa virus bagian dari keluarga besar CoV yang serupa dengan virus Corona dan pernah menyebar terlebih dahulu adalah Sindrom Pernapasan Timur Tengah (MERS-CoV) dan Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS-CoV). Virus Corona sendiri jenis baru pada 2019 dan belum pernah diidentifikasikan sebelumnya pada manusia. 

 

Ciri-ciri dan Cara Mencegah virus Corona

Ciri-ciri virus Corona hampir mirip dengan flu. Bedanya, pada hari ke-14 penderita akan mengalami gangguan pernapasan hebat. Pada kasus yang lebih parah, infeksi dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, dan bahkan kematian.

Terdengar menyeramkan? Sesuai dengan pepatah bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, pencegahan virus Corona sebenarnya tidak begitu rumit. Di bawah ini beberapa cara pencegahan virus Corona menurut WHO :

 

1. Cuci tangan secara berkala

Mencuci tangan selama 20 detik dengan sabun atau hand sanitizer mampu membunuh virus yang kemungkinan terdapat di tangan.  

 

2. Batasi Interaksi Sosial untuk Sementara waktu

Kurangi kegiatan yang melibatkan Anda dalam pusat keramaian. Ketika seseorang batuk atau bersin, mereka akan menyemprotkan droplets dari hidung atau mulut yang mungkin mengandung virus termasuk virus Corona. Jika Anda terlalu dekat, Anda bisa menghirup droplets, anda juga akan menghirup virus Corona yang telah menginfeksi orang lain terlebih dahulu. 

 

3. Hindari Menyentuh Mata, Hidung, dan Wajah

Tanpa disadari, tangan manusia menyimpan berbagai macam virus yang tak terlihat. Menyentuh wajah dengan tangan terlalu sering akan membuat virus dengan mudah masuk ke dalam tubuh melalui mata, wajah, dan hidung dan pada akhirnya akan menginfeksi tubuh. 

 

4. Tutup Mulut Ketika Batuk dan Bersin dengan Benar

Tutup mulut Anda ketika batuk dan bersin dengan lipatan siku tangan. Jika anda menutup dengan tangan, virus akan berpindah ke tangan dan tangan merupakan salah satu organ tubuh yang sering bersentuhan dengan benda lain. Dikhawatirkan virus pun akan menempel di benda-benda yang disentuh tangan mengandung virus. Dengan menutup mulut ketika batuk dan bersin dengan benar, Anda turut melindungi orang lain dan diri sendiri. 

 

5. Hubungi Petugas Kesehatan Jika Mengalami Flu Batuk Diikuti Kesulitan Bernapas

Cobalah untuk tetap di rumah jika merasa kurang enak badan. Sistem imun tubuh yang lemah akan mudah diinfeksi oleh virus Corona. Jika dalam perkembangannya muncul gejala seperti demam, flu, dan kesulitan bernapas, segera hubungi petugas kesehatan yang berwenang dan ikuti instruksi yang ada.

 

Baca juga : Tips Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja Beserta Contohnya

 

Tips Bekerja dari Rumah

Walau terdengar menyeramkan, diharapkan Anda untuk tidak panik dan melakukan tindakan preventif atau pencegahan. Salah satu tindakan pencegahan adalah social distracting atau pembatasan interaksi sosial. Pembatasan interaksi sosial menyebabkan sistem kerja mengalami penyesuaian dan beberapa perusahaan memutuskan untuk menerapkan sistem bekerja dari rumah untuk para karyawan. 

Jika Anda asing dengan bekerja dari rumah, pasti Anda belum begitu terbiasa. Bagaimana cara bekerja dari rumah? Yuk, simak tips bekerja dari rumah selama pandemi virus Corona!

 

1. Sediakan Pojok Khusus Bekerja yang Nyaman

Bekerja memerlukan suasana yang disesuaikan sedemikian rupa untuk tingkat konsentrasi penuh. Anda bisa memilih ruang nyaman dan jauh dari distraksi dengan pencahayaan cukup untuk bekerja. Jika diperlukan, setting ruangan yang Anda gunakan serupa dengan ruangan kantor. Jangan lupa untuk menata barang-barang anda lebih rapi sehingga mood bekerja pun tetap terjaga. 

 

2. Buat to-do-list

Agar tidak kebingungan hendak mengerjakan job desk mana yang hendak dikerjakan terlebih dahulu, buatlah daftar hal yang akan dikerjakan atau to-do-list sederhana. Daftar to-do-list sederhana ini dapat dijadikan patokan apakah proses bekerja dari rumah berjalan secara efektif dan mencapai target atau tidak. Proses dan hasil pencapaian target selama bekerja dari rumah dapat didiskusikan dengan rekan dan atasan. 

 

3. Tetap berkomunikasi dengan Rekan

Komunikasi diperlukan untuk membicarakan bagaimana pekerjaan akan berjalan dan proses kerjasama sesama rekan dan atasan. Dengan dukungan teknologi canggih, Anda dapat tetap terhubung satu sama lain walau berjauhan. Gunakan berbagai macam platform yang tersedia, seperti fitur e-mail, video call, chatting, dan lain-lain. 

 

Baca Juga : Peran Komunikasi Bisnis dalam Perusahaan

 

4. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Anda akan memerlukan banyak platform yang terkoneksi dengan internet. Jika koneksi internet tidak stabil, maka proses kerja pun tidak akan stabil. Jadi, pastikan koneksi internet di rumah berjalan lancar agar tidak mengganggu proses bekerja di rumah.

 

5. Rileks dan Fokus

Kendati perkembangan virus Corona cukup cepat, cobalah tetap rileks dan fokus terhadap apa yang dikerjakan. Pembawaan diri yang rileks dan fokus dapat meningkatkan produktivitas menjadi lebih baik. Sehingga, target pekerjaan pun dapat terselesaikan dengan baik. 

 

6. Konsumsi Makanan dan Camilan yang Sehat

Makanan dan camilan sehat dapat berupa sayuran dan buah-buahan. Mengkonsumsi makanan dan camilan sehat dapat menunjang daya tahan tubuh semakin kuat. Tubuh Anda pun tetap terjaga dengan prima walau harus tetap tinggal di rumah. Daya tahan tubuh yang kuat juga membuat virus sulit untuk menginfeksi tubuh. 

 

7. Tetap Aware dengan Informasi Sekitar Mengenai Virus Corona

Ada banyak perkembangan informasi mengenai perkembangan virus Corona di sekitar lingkungan. Informasi tersebut pun berjalan dan berkembang dengan cepat setiap harinya. Cobalah tetap aware dengan informasi yang berkembang. Pastikan informasi yang didapat merupakan informasi valid dan berasal dari sumber yang terpercaya. 

 

Demikian beberapa tips bekerja dari rumah selama pandemi virus Corona.  Ingat, Anda harus tetap tenang melakukan rutinitas dan menjaga diri sendiri serta orang terdekat. Anda juga dapat saling memotivasi rekan kerja di tengah pandemi virus Corona agar aura positif tetap tercipta selama bekerja. Semoga dapat membantu!