tips produktif

Tips Produktif Mengelola Karyawan untuk Tim Kecil HR

Produktivitas divisi HRD adalah hal utama dalam proses manajemen sumber daya manusia  di perusahaan. Namun demikian, jumlah dan skala tim HRD dalam perusahaan umumnya cukup terbatas, khususnya jika perusahaan merupakan perusahaan kecil atau perusahaan yang baru saja merintis. 

Walau hanya terdiri dari tim kecil, HRD harus tetap mengelola seluruh karyawan dengan baik dan benar sesuai ketentuan yang berlaku. Tentunya agak sulit untuk tetap produktif apalagi jika berada dalam tim kecil. 

Kali ini LinovHR akan membahas bagaimana cara meningkatkan produktivitas untuk tim HRD berskala kecil khusus untuk Anda! 

Berikut ini Tips Produktif untuk Tim Kecil HRD:

 

Kembangkan Program Referral untuk Rekrutmen

Setiap perusahaan butuh karyawan untuk melaksanakan operasional, salah satu cara untuk mendapatkan karyawan adalah dengan melalui rekrutmen. Akan tetapi, proses mendapatkan karyawan yang cocok melalui rekrutmen cukup panjang. Untuk melakukan pencarian calon karyawan dengan cepat, perusahaan dapat mengembangkan program referral.

Program referral adalah suatu program rekomendasi karyawan mengenai salah satu rekannya yang potensial untuk perusahaan. Sehingga perusahaan dapat merekrut rekan karyawan tersebut jika memang benar memenuhi kualifikasi yang ada. Melalui program ini, perusahaan bisa segera memiliki pegawai yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan tanpa melakukan proses yang lama. 

 

Buatlah Kelompok Orientasi Ketika Karyawan Baru Masuk

Ketika karyawan baru masuk, biasanya perusahaan akan mengadakan orientasi karyawan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada karyawan baru mengenai tujuan, harapan, hingga budaya perusahaan.

Namun jika perusahaan Anda masih dalam lingkup kecil dengan sumber daya manusia yang tidak begitu banyak, hal ini dapat menghabiskan waktu yang cukup lama jika melakukan orientasi karyawan secara satu per satu. 

Agar proses orientasi tak terlalu lama, Anda bisa membuat kelompok orientasi karyawan. Setelah membuat kelompok, tentukan waktu yang tepat untuk melakukan proses orientasi. Anda juga bisa menunjuk salah satu karyawan terbaik perusahaan untuk mengisi program orientasi karyawan.

 

Baca Juga : Manfaat Program Orientasi Dan Pelatihan Bagi Karyawan Baru

 

Berikan Fasilitas Sesuai dengan Kebutuhan Karyawan

Tips Produktif lain untuk meningkatkan kinerja HR adalah dengan memberikan fasilitas yang tepat sesuai dengan kebutuhan karyawan adalah dengan menanyakan langsung kepada mereka apa saja yang mereka butuhkan. Sehingga setiap anggaran yang akan dikeluarkan HRD tidak akan sia-sia. 

Anda bisa melakukan survei kepada karyawan perihal fasilitas atau tunjangan apa yang bisa diberikan dan yang benar-benar dibutuhkan. Misalnya seorang customer service perusahaan pastinya akan melakukan banyak panggilan kepada client, lalu fasilitas yang bisa Anda berikan yaitu biaya uang pulsa atau memberikan ponsel kantor.

 

Baca Juga : 10 Fasilitas Yang Bikin Karyawan Betah di Perusahaan Anda

 

Saling Berkoordinasi dengan Divisi Lain

Selain mengurus pengelolaan sumber daya manusia, divisi HRD juga memiliki beberapa tugas lain seperti mengurus regulasi, rekrutmen, menyediakan fasilitas dan beberapa hal lainnya.

Tentu saja, semua tugas itu tidak bisa dilakukan hanya dengan mengandalkan satu divisi saja. Untuk itu, divisi HRD juga harus dapat bekerjasama dan saling berkoordinasi antar sesama divisi.

Contohnya, HRD harus bekerja sama dengan tim sales jika hendak melakukan rekrutmen staff sales baru. 

Dengan begitu, proses pekerjaan akan dilakukan lebih mudah dan cepat jika koordinasi antar divisi bisa terjalin dengan baik. Selain itu, HRD bisa lebih mengenal karyawan lain beserta tugas dan tanggung jawabnya.

software hris

 

Manfaatkan Software HRD

Untuk meningkatkan produktivitas divisi HRD pada lingkup pekerjaan yang kecil, Anda bisa menggunakan bantuan dari software HRD seperti LinovHR. Software HRD LinovHR dapat membantu perusahaan khususnya divisi HRD dalam menjalan tugas-tugasnya.

LinovHR menerapkan Human Resources Information System (HRIS) yang efektif dan efisien dalam mengelola administrasi seputar sumber daya manusia. Jadi perusahaan akan lebih berfokus pada pengembangan bisnis.

Agar setiap tugas dapat berjalan dengan lancar, LinovHR menghadirkan beberapa modul yang didalamnya terdapat fitur-fitur untuk proses kerja yang lebih cepat dan tepat.

  1. Modul Payroll berfungsi untuk menghitung gaji karyawan tiap bulan secara akurat.
  2. Kelola tiap kompetensi yang dibutuhkan pada setiap divisi dengan modul Competency Management.
  3. Modul Performance Management dapat memudahkan HRD untuk memberikan penilaian terhadap kinerja karyawan.
  4. Modul Time Management akan memudahkan dalam proses pembuatan jadwal kerja dan juga pengelolaan waktu kerja karyawan.
  5. Mengelola pemberian reimburse pada karyawan berupa asuransi kesehatan atau BPJS dengan Modul Reimbursement.
  6. Modul Succession Management berfungsi untuk mengelola setiap hal yang berkaitan dengan tujuan dan perencanaan sukses perusahaan.
  7. Melalui Modul Organization Management, Anda akan dengan mudah melihat gambaran perusahaan secara besar beserta komponen-komponen pendukungnya.
  8. Mengatur dan menyimpan informasi data karyawan secara aman dengan Modul Personnel Administration.
  9. Proses rekrutmen karyawan akan lebih mudah menggunakan Modul Recruitment.
  10. Employee Self Service (ESS) adalah modul yang memungkinkan setiap karyawan dapat mengakses dan mengelola data human resource nya sendiri.
  11. Proses pelatihan dan juga pengembangan karyawan akan lebih terorganisir menggunakan Modul Learning and Development.

 

Dengan memanfaatkan Software HRD dari LinovHR, produktivitas HRD dalam perusahaan akan lebih meningkat dan bisa lebih berfokus untuk menjalankan tugas-tugas penting lainnya. 

Pemanfaatan software ini tentu saja akan lebih menghemat banyak waktu dan juga tenaga. Untuk informasi lebih lengkap, hubungi LinovHR sekarang juga! 

 

Setiap HRD dalam perusahaan pastinya memiliki tugas yang akan disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan perusahaan. Jumlah anggota yang sedikit dalam tim HRD merupakan tantangan dan harus disiasati dengan baik. Semoga beberapa tips produktif singkat di atas dapat membantu tim kecil Anda!