software payroll web based

Mengenal Apa Itu Software Payroll Web Based untuk Perusahaan

Software payroll web based semakin jadi pilihan para perusahaan yang ingin proses penghitungan payroll-nya lebih mudah dan ringkas. Memang sudah bukan jadi rahasia lagi, software payroll seperti LinovHR menjadi salah satu solusi yang cepat untuk masalah proses penggajian dan cocok dengan sistem informasi di perusahaan.

Mungkin Anda masih bertanya-tanya, kenapa perusahaan perlu payroll software web base? LinovHR akan membahasnya lebih detail dan lengkap!

Simak langsung artikel berikut ini.

 

Apa Itu Software Payroll Web Based

Dulu, perusahaan umumnya menggunakan spreadsheet untuk mengelola dan mendokumentasikan proses penggajian karyawan secara manual. Namun, saat ini sudah hadir software payroll web based yang dapat membantu proses payroll dengan lebih canggih dan efisien.

Jika biasanya untuk mengurus payroll HRD akan berjibaku dengan banyak kertas dan spreadsheet, hadirnya software payroll web-based ini meringkaskan pekerjaan tersebut.

Penggunaan software hrd berbasis web ini akan sangat mendukung kelancaran bisnis secara mobile. Jadi, dengan kata lain software payroll berbasis web adalah software untuk mengelola proses penggajian secara online menggunakan sistem terintegrasi.

Software ini sangat membantu mobilitas karyawan yang menangani penggajian karyawan karena dapat diakses dimana saja karyawan berada tanpa kehilangan akses seperti bekerja dari kantor. Seluruh data penggajian tersimpan dalam server atau cloud yang disediakan oleh produsen software.

Karyawan cukup mengakses data tersebut menggunakan browser atau aplikasi dengan koneksi internet. Di dalam aplikasi itu sudah ada data gaji dari setiap karyawan, mulai dari nama, jumlah hari kerja, jumlah gaji, potongan, tunjangan, bonus, hingga nomor rekening. 

Karyawan hanya cukup cek data tersebut untuk verifikasi, lalu hanya dengan beberapa langkah gaji sudah dapat dikirim ke semua karyawan dalam satu waktu.

 

Baca Juga: Penyebab Perbedaan Harga Software Payroll di Indonesia

 

Keunggulan Software Payroll Web Based

Software payroll berbasis web memiliki sejumlah keunggulan bila dibandingkan dengan sistem payroll manual atau konvensional. 

 

  1. Hemat Biaya

Anda tidak perlu lagi memikirkan biaya pembelian, pemeliharaan, serta peningkatan sistem yang dibutuhkan jika menggunakan sistem payroll berbasis web.

Anda juga tidak perlu pusing menyiapkan server sendiri untuk menyimpan data gaji karyawan karena semuanya itu sudah ditangani oleh penyedia aplikasi yang jadi bagian dari layanannya.

Itu berarti tim IT perusahaan juga tidak perlu repot-repot memperbaiki bila ada software yang eror atau mengupdatenya untuk bisa berfungsi dengan baik. Ini jelas menghemat biaya pengeluaran perusahaan Anda.

 

  1. Cepat dan Efisien

Software payroll berbasis web lebih unggul karena karyawan yang menangani penggajian dapat bekerja dari mana saja dan tetap terhubung dengan data utama di kantor. 

Selain itu, software ini terdapat fitur penjadwalan transfer gaji sehingga tetap dapat dilakukan pada tanggal merah sekalipun. Bahkan ketika ada masalah pun dapat dituntaskan dengan cepat karena seluruh data dapat diakses melalui internet.

 

  1. Data Karyawan Lebih Terpusat

Sistem payroll tidak hanya sekedar menghitung gaji karyawan, tetapi dalam prosesnya ada sistem lain yang terhubung. Seperti pembayaran thr, rencana pensiun, dan penghargaan atas waktu kerja karyawan. 

Apabila terdapat kesalahan saat menginput tanggal bergabung karyawan, bisa terjadi pelanggaran hak karyawan.

Software payroll berbasis web punya fitur yang mampu menghimpun seluruh data karyawan sehingga data tersebut jadi lebih mudah diakses untuk verifikasi dan terkonfirmasi karena data karyawan diatur secara terpusat.

Dengan begitu, kesalahan bisa diminimalisir dan tidak ada hak karyawan yang dilanggar.

 

  1. Beban Kerja Karyawan Berkurang

Semakin banyak karyawan yang bekerja dalam perusahaan, semakin besar pula beban kerja menangani penggajian. Namun, dengan adanya sistem payroll berbasis web, beban kerja tersebut jadi lebih ringan terlepas dari banyaknya karyawan yang ada.

Ditambah lagi jika ada pertanyaan klarifikasi dari karyawan yang merasa ada kesalahan dengan gajinya. Untuk mengatasinya, tim hrd bisa mengacu pada data di dalam software untuk menjawab masalahnya.

 

  1. Akses Data Real-Time

Semua data yang ada di software dapat diakses kapan saja diperlukan secara real-time. Begitu pun jika ada perubahan data dapat diakses dimana saja dan oleh siapa saja yang punya kewenangan.

 

Mudahkan Kerja HR dengan Software Payroll Web Based LinovHR

 

payroll

Dengan segala keunggulan fitur dan kemudahan yang diberikan, tentu penggunaan software payroll web based akan sangat membantu pekerjaan divisi HR. Tidak ada lagi drama salah hitung sapai lembur hanya untuk mengurus payroll yang masih dilakukan secara manual.

Semua fitur software payroll web based dapat Anda miliki dalam LinovHR, yakni perusahaan teknologi HR penyedia solusi manajemen karyawan perusahaan.

Software Payroll LinovHR memiliki fitur payment method yang berfungsi untuk menyimpan seluruh metode pembayaran yang dipakai dalam transaksi keuangan perusahaan.

Tak hanya itu, dengan Software Payroll dari LinovHR Anda dapat mengelompokkan komponen-komponen payroll berdasarkan penggolongan kode akuntansi yang dibuat pada fitur account code

Kemudian untuk komponen payroll yang diterima karyawan, seperti gaji pokok, tunjangan, BPJS, dan lainnya dapat Anda atur dalam fitur payroll component.

 

Aplikasi Absensi Online
Payroll Detail di Software Payroll

 

 

Keunggulan lainnya dari Software Payroll berbasis web LinovHR terdapat fungsi payroll proses pada sistemnya yang berguna untuk memudahkan admin melakukan perhitungan gaji yang akan diterima karyawan setiap periode perhitungan.

Ada 4 tipe proses yang terdapat pada menu ini, diantaranya adalah:

  • Tipe standard ( perhitungan pada periode berjalan).
  • THR.
  • Sevarance.
  • Retroactive / rapel (perhitungan selisih pada periode yang sudah lewat).

 

Selain itu, masih ada lagi beberapa fitur yang ditawarkan oleh LinovHR untuk memudahkan proses penggajian, yaitu:

  • Cetak laporan payroll melalui e-payroll.
  • Membuat slip gaji melalui fitur slip salary.
  • Menghitung simulasi pembayaran pajak dengan tax calculator.

 

Dengan keunggulan yang disediakan oleh LinovHR, tentu seluruh proses penggajian di perusahaan Anda akan dapat ditangani dengan lebih baik dan akurat.

 

Yuk, segera pakai software payroll LinovHR! Ada promo menarik full diskon menanti Anda!