Software HR untuk Perusahaan Middle Up

5 Alasan Software untuk HR dibutuhkan Perusahaan Middle Up

Perkembangan teknologi digital yang pesat berdampak pada banyak perusahaan tidak hanya dalam hal pelayanan kepada pelanggan namun juga operasional internalnya.

Dengan kompleksitas pekerjaan saat ini, teknologi menolong untuk mempercepat kinerja, salah satunya adalah dalam hal manajemen sumber daya manusia.

 

Mengenal Perusahaan Middle Up

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya untuk Anda mengetahui atau mengenal perusahaan Middle up terlebih dulu.

Perusahaan middle up sendiri merupakan sebuah perusahaan yang memiliki tingkatan lebih tinggi dibandingkan startup atau UMKM. karena sejatinya middle up adalah sebuah tingkatan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan yang didasarkan pada nilai valuasi yang dimiliki oleh perusahaan.

Setiap perusahaan memiliki tingkat dan juga nilai valuasi yang berbeda. Semakin tinggi valuasi yang dimiliki, maka status atau tingkat dari perusahaan itu sendiri pun akan semakin tinggi dan besar. Semakin besar perusahaan, maka elemen-elemen yang terlibat di dalamnya pun semakin banyak, seperti sumber daya dan jumlah karyawannya.

Di bawah ini ada 5 alasan mengapa perusahaan middle up membutuhkan software HR untuk mendukung pertumbuhannya.

 

1. Jumlah Karyawan

UKM di Indonesia pada umumnya memiliki karyawan antara 50–100 orang, dibandingkan dengan Eropa yang umumnya berjumlah 5–20 orang saja. Perusahaan middle up Indonesia kemungkinan besar akan memiliki jumlah SDM yang lebih banyak.

Semakin banyak karyawan yang dimiliki, maka tim HRD akan mengelola semakin banyak data absensi, cuti, lembur, appraisal, dan lain sebagainya. Pertumbuhan karyawan akan otomatis menambah beban kerja HRD.

Sebagai contoh, Salah satu perusahaan retail yang ada di Indonesia memiliki kurang dari 10 orang untuk mengelola lebih dari 100 karyawan.

Dengan menggunakan software yang standar yang tidak terintegrasi, tentu saja mereka kewalahan, dan ini berdampak pada kinerja selain berkurangnya fungsi pengembangan sumber daya manusia dalam bentuk training dan pelatihan.

Tim HRD menjadi kelelahan dan menjadi kurang efektif dalam mendukung perkembangan perusahaan.

 

Baca juga: Software HRD dan 3 Keuntungan Utama Penggunaannya

 

2. Kredibitas dan Perkembangan Bisnis

Software HR yang tepat dibutuhkan untuk mendukung perkembangan bisnis perusahaan yang meningkat. Jika perusahaan masih menggunakan sistem manual, dapat menimbulkan bottleneck atau kemacetan administrasi, misalnya dalam penghitungan cuti, lembur, dan insentif.

Pembayaran gaji yang terlambat, atau mungkin kesalahan perhitungan, bisa merugikan perusahaan maupun karyawan dan juga menurunkan moral kerja.

Perusahaan yang memakai software HR akan meningkat kredibilitasnya di mata karyawan maupun pelanggan, karena dianggap proaktif dalam mengikuti perkembangan terkini.

 

3. Digitalisasi dan Modernisasi

Saat ini hampir semua orang sudah mengerti kegunaan teknologi. Software HR merupakan katalis perubahan dari pekerjaan manual paperwork ke automated paperless yang ramah lingkungan karena menggunakan lebih sedikit kertas.

 

Baca juga: Ciptakan Budaya Paperless dengan Payroll Service

 

4. Peraturan dan Kebijakan Pemerintah

Pemerintah sebagai penjamin dan pengatur iklim bisnis sudah mulai mendigitalisasi layanan. Dengan banyaknya peraturan beserta perubahannya, perusahaan harus mulai beradaptasi. Beberapa layanan penting yang sudah menggunakan teknologi misalnya pelaporan pajak, pendaftaran ijin usaha, dan sertifikasi.

Dengan menggunakan Software HR yang tepat, segala urusan yang berhubungan dengan peraturan dan kebijakan pemerintah menjadi lebih mudah dan transparan.

 

5. Sistem Penggajian (Payroll) Yang Lebih Cepat dan Akurat

Software HR yang baik akan selalu diupdate untuk mengikuti perkembangan dan perubahan peraturan pemerintah. Perusahaan pun bisa mengembangkan sistem penggajian (payroll) yang lebih cepat. Pendataan absensi, perhitungan cuti dan lembur, pemberian insentif, dan lainnya bisa dilakukan dalam hitungan detik.

Selain kecepatan, software HR juga mengurangi human error dalam penghitungan dan faktor kelelahan. Software HR akan mengkompilasi input data harian dari setiap karyawan secara otomatis dari saat masuk hingga pulang kerja.

Software HR yang tepat akan sangat membantu operasional perusahaan middle up. Carilah software yang memiliki fitur-fitur yang esensial seperti manajemen absen, cuti, lembur, database, dan perhitungan gaji karyawan yang sesuai dengan sistem dan kondisi perpajakan di Indonesia.

 

Tips Memilih Software untuk HR

Penggunaan software yang tepat akan dapat membantu perusahaan atau bisnis untuk berkembang ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu, penting untuk memilih software yang tepat bagi bisnis Anda. Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan.

 

1. Sesuai dengan Kebutuhan

Tips pertama yaitu, pastikan bahwa software yang nantinya akan digunakan, sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau bisnis Anda.

Jangan sampai, software yang Anda pilih, tidak bisa membantu perusahaan yang Anda punya untuk berkembang. Tentu saja hal tersebut akan sangat merugikan perusahaan, baik dari segi finansial maupun operasional. Maka penting untuk menyesuaikan jenis software dengan kebutuhan perusahaan Anda saat ini.

 

2. Sesuaikan dengan Budget Perusahaan

Menggunakan teknologi tentunya memerlukan budget atau biaya tambahan dalam mengaplikasikannya.

Saat ini banyak sekali software HR yang tersebar di seluruh internet. Harga yang ditawarkan pun berbeda satu sama lain. Hal ini tentunya memerlukan perhatian ekstra, agar software yang Anda gunakan bisa sesuai dengan budget yang dimiliki oleh perusahaan.

Pastinya Anda tidak ingin bukan mengeluarkan biaya yang besar untuk sebuah software, namun ternyata dampak yang diberikan tidak sebesar harga yang dikeluarkan?

 

3. Fitur yang Diberikan

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu fitur-fitur yang ditawarkan oleh software tersebut. Fitur merupakan hal utama yang nantinya berguna untuk membantu dan memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis yang Anda punya.

Menggunakan software dengan fitur yang lengkap dan mumpuni, akan sangat menguntungkan perusahaan, baik dari segi finansial maupun operasional perusahaan.

 

4. Keamanan Data

Tips terakhir yaitu, pastikan bahwa software yang Anda gunakan sudah teruji dan terbukti memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

Mengingat software HR akan berhubungan dengan data-data perusahaan dan juga karyawan. Maka sudah menjadi kewajiban Anda untuk menyimpan data-data tersebut secara aman dan terhindar dari segala bentuk kriminal yang membahayakan data-data tersebut.

 

Baca Juga: Pentingnya Online HR Software Dalam Mengelola Karyawan Remote

 

Daftar Software untuk HR yang Bisa Digunakan Perusahaan

Untuk memudahkan Anda dalam memilih software profesional yang sudah terjamin tingkat keamanan dan juga performanya, berikut ini daftar software yang bisa Anda gunakan dalam menjalankan bisnis Anda, yakni

 

1. LinovHR

Aplikasi Payroll & HR LinovHR dapat membantu perusahaan Anda dalam mengelola kompleksitas SDM di dalam perusahaan Anda.

Dengan menawarkan solusi cloud dan premis, layanan profesional dan sumber daya terbaik, mengembangkan manajemen sumber daya manusia di perusahaan Anda, sudah bukan lagi menjadi hal yang sulit. 

Melalui penerapan Human Resource Information System (HRIS) yang baik, efisiensi dan efektifitas dalam pengelolaan administrasi karyawan dapat memudahkan anda dalam menjalankan bisnis.

Aplikasi Payroll & HR LinovHR sendiri memiliki beragam fitur utama yang memudahkan Anda dalam melakukan pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan, seperti Modul Payroll, Recruitment, Organization Management, Time Management, Reimbursement, hingga Modul Learning and Development

 

2. OrangeHRM

Daftar yang kedua yaitu orangeHRM yang merupakan software HR besutan dari New Jersey, Amerika Serikat.

Menawarkan beragam modul utama yang memudahkan perusahaan dalam melakukan pengelolaan sumber daya manusia yang mereka miliki, seperti modul payroll administration, time & attendance, recruitment, hingga employee development.

 

3. Paycor

Daftar software HR selanjutnya yaitu Paycor yang masih merupakan software dari pengembang Amerika Serikat.

Memberikan beragam fitur yang memudahkan HR dalam melakukan pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan, seperti fitur self service, time management, hingga sistem yang terintegrasi menjadi satu.

Dengan otomatisasi ini pihak HRD tidak terlalu bisa dipusingkan oleh administrasi yang berlebihan. Perusahaan juga bisa lebih fokus dalam pengembangan produk atau jasa, layanan pelanggan, dan inovasi lain yang akan meningkatkan nilai bisnisnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Software HR dan Payroll kami, silahkan hubungi kami di sini. LinovHR melayani undangan presentasi di Kantor anda untuk mencocokkan kebutuhan perusahaan anda.