Software HR untuk Perusahaan Middle Up

Perkembangan teknologi digital yang pesat berdampak pada banyak perusahaan tidak hanya dalam hal pelayanan kepada pelanggan namun juga operasional internalnya. Dengan kompleksitas pekerjaan saat ini, teknologi menolong untuk mempercepat kinerja, salah satunya adalah dalam hal manajemen sumber daya manusia.

 

Baca Juga:Software HRD dan 3 Keuntungan Utama Penggunaannya

 

Di bawah ini ada 5 alasan mengapa perusahaan middle up membutuhkan software HR untuk mendukung pertumbuhannya.

 

1. Jumlah Karyawan

UKM di Indonesia pada umumnya memiliki karyawan antara 50–100 orang, dibandingkan dengan Eropa yang umumnya berjumlah 5–20 orang saja. Perusahaan middle up Indonesia kemungkinan besar akan memiliki jumlah SDM yang lebih banyak.

Semakin banyak karyawan yang dimiliki, maka tim HRD akan mengelola semakin banyak data absensi, cuti, lembur, appraisal, dan lain sebagainya. Pertumbuhan karyawan akan otomatis menambah beban kerja HRD.

Sebagai contoh, Salah satu perusahaan retail yang ada di Indonesia memiliki kurang dari 10 orang untuk mengelola lebih dari 100 karyawan. Dengan menggunakan software yang standar yang tidak terintegrasi, tentu saja mereka kewalahan, dan ini berdampak pada kinerja selain berkurangnya fungsi pengembangan sumber daya manusia dalam bentuk training dan pelatihan. Tim HRD menjadi kelelahan dan menjadi kurang efektif dalam mendukung perkembangan perusahaan.

 

2. Kredibitas dan Perkembangan Bisnis

Software HR yang tepat dibutuhkan untuk mendukung perkembangan bisnis perusahaan yang meningkat. Jika perusahaan masih menggunakan sistem manual, dapat menimbulkan bottleneck atau kemacetan administrasi, misalnya dalam penghitungan cuti, lembur, dan insentif. Pembayaran gaji yang terlambat, atau mungkin kesalahan perhitungan, bisa merugikan perusahaan maupun karyawan dan juga menurunkan moral kerja.

Perusahaan yang memakai software HR akan meningkat kredibilitasnya di mata karyawan maupun pelanggan, karena dianggap proaktif dalam mengikuti perkembangan terkini.

 

3. Digitalisasi dan Modernisasi

Saat ini hampir semua orang sudah mengerti kegunaan teknologi. Software HR merupakan katalis perubahan dari pekerjaan manual paperwork ke automated paperless yang ramah lingkungan karena menggunakan lebih sedikit kertas.

 

Baca Juga:Ciptakan Budaya Paperless dengan Payroll Service

 

4. Peraturan dan Kebijakan Pemerintah

Pemerintah sebagai penjamin dan pengatur iklim bisnis sudah mulai mendigitalisasi layanan. Dengan banyaknya peraturan beserta perubahannya, perusahaan harus mulai beradaptasi. Beberapa layanan penting yang sudah menggunakan teknologi misalnya pelaporan pajak, pendaftaran ijin usaha, dan sertifikasi. Dengan menggunakan Software HR yang tepat, segala urusan yang berhubungan dengan peraturan dan kebijakan pemerintah menjadi lebih mudah dan transparan.

 

5. Sistem Penggajian (Payroll) Yang Lebih Cepat dan Akurat

Software HR yang baik akan selalu diupdate untuk mengikuti perkembangan dan perubahan peraturan pemerintah. Perusahaan pun bisa mengembangkan sistem penggajian (payroll) yang lebih cepat. Pendataan absensi, perhitungan cuti dan lembur, pemberian insentif, dan lainnya bisa dilakukan dalam hitungan detik.

Selain kecepatan, software HR juga mengurangi human error dalam penghitungan dan faktor kelelahan. Software HR akan mengkompilasi input data harian dari setiap karyawan secara otomatis dari saat masuk hingga pulang kerja.

 

Software HR yang tepat akan sangat membantu operasional perusahaan middle up. Carilah software yang memiliki fitur-fitur yang esensial seperti manajemen absen, cuti, lembur, database, dan perhitungan gaji karyawan yang sesuai dengan sistem dan kondisi perpajakan di Indonesia. Dengan otomatisasi ini pihak HRD tidak terlalu bisa dipusingkan oleh administrasi yang berlebihan. Perusahaan juga bisa lebih fokus dalam pengembangan produk atau jasa, layanan pelanggan, dan inovasi lain yang akan meningkatkan nilai bisnisnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Software HR dan Payroll kami, silahkan hubungi kami di sini. Kami melayani undangan presentasi di Kantor anda untuk mencocokkan kebutuhan perusahaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use theseHTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>