konsentrasi

Sulit Konsentrasi Saat Kerja? Berikut 9 Tips Meningkatkan Konsentrasi!

Konsentrasi merupakan hal yang sangat perlu dimiliki oleh setiap orang demi menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat dan juga tepat. Namun, apa yang dimaksud dengan istilah konsentrasi itu sendiri?

Fokus atau konsentrasi adalah suatu kemampuan yang dilakukan untuk memusatkan seluruh perhatian dan juga pikiran kepada suatu objek ataupun suatu kegiatan dengan jangka waktu tertentu.

Jika seseorang memiliki konsentrasi yang tinggi di dalam pekerjaannya, maka hal ini dapat menjadi modal utama bagi seseorang tersebut untuk dapat memudahkan dan juga mempercepat penyelesaian pekerjaan.

Meskipun demikian, tidak sedikit orang-orang yang memiliki masalah dalam hal konsentrasi ini sehingga membuat mereka kerap sulit konsentrasi atau sulit untuk memfokuskan dirinya dalam menyelesaikan pekerjaannya.

 

Penyebab Umum Sulit Konsentrasi Saat Bekerja

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya mengenai apa itu konsentrasi, ternyata ada hal-hal yang membuat seseorang kesulitan dalam berkonsentrasi ketika bekerja. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Terlalu banyaknya pekerjaan yang menyita banyak waktu sehingga menyebabkan kelelahan
  • Suasana yang tidak kondusif karena adanya banyak distraksi di dalam lingkungan kerja
  • Kurangnya pola tidur yang sehat dan berkualitas
  • Tidak adanya minat atau ketertarikan pada hal yang dikerjakan
  • Adanya tekanan eksternal atau lingkungan sekitar yang mengganggu pikiran
  • Kurang adanya motivasi dari dalam diri sendiri dalam menentukan target hasil
  • Pola makan yang tidak sehat sehingga metabolisme tubuh pun terhambat dan menyebabkan kinerja otak yang kurang optimal

Itulah, beberapa hal yang bisa membuat seseorang kekurangan ataupun kehilangan konsentrasi ketika bekerja.

 

Tips Meningkatkan Konsentrasi

Bagi Anda yang memiliki masalah dalam berkonsentrasi, simak ulasan di bawah ini yang akan menjelaskan berbagai cara meningkatkan konsentrasi

 

Pastikan Asupan Nutrisi Cukup

Agar seseorang dapat berkonsentrasi secara maksimal, tentunya otak didorong untuk bekerja lebih keras. Maka dari itu, otak memerlukan banyaknya asupan nutrisi dari berbagai makanan bergizi agar fungsi otak lebih terjaga. Untuk memberikan nutrisi yang baik pada otak agar Anda lebih mudah untuk berkonsentrasi, Anda dapat mencoba untuk mengonsumsi lebih banyak sayuran hijau, ikan, dan kacang-kacangan.

 

Rutin untuk Olahraga

Dapat dipastikan bahwa semakin rutin Anda olahraga maka semakin bugar pula tubuh Anda. Namun, tidak hanya tubuh saja yang sehat otak dan daya ingat pun juga dapat lebih mudah untuk dikelola apabila Anda melakukan aktivitas ini secara rajin. 

Dengan olahraga, sirkulasi darah di dalam tubuh pastinya akan lebih lancar sehingga suplai darah ke otak pun juga tidak terganggu. Maka dari itulah, usahakan untuk melakukan olahraga yang rutin meskipun ringan dengan waktu kurang lebih 30 menit setiap harinya.

 

Senam Otak

Tidak hanya nutrisi dan kesehatan tubuh saja, otak juga perlu dilatih kemampuannya agar dapat selalu bekerja secara maksimal. 

Anda dapat melakukan senam otak yang dapat melatih kemampuan otak Anda dengan bermain puzzle, teka-teki silang, membaca, main alat musik hingga bermain catur. Kegiatan ini tidak boleh dianggap remeh karena sudah terbukti dapat membantu Anda dalam hal berkonsentrasi.

 

Memastikan untuk Mendapatkan Istirahat yang Cukup

Untuk menjaga kemampuan Anda dalam berkonsentrasi atau fokus terhadap suatu hal, istirahat yang cukup memiliki peranan yang besar dalam hal ini. 

Apabila Anda mendapatkan istirahat yang cukup, maka Anda bisa mendapatkan sensasi tubuh yang bugar dan juga berkurangnya stres. Karena hal inilah, Anda sangat disarankan untuk tidur paling tidak 7 sampai 9 jam setiap harinya.

 

Baca Juga: Tips Manajemen Stress untuk Karyawan

 

Sering Bersosialisasi

Semakin sering Anda bersosialisasi dan menjalin komunikasi dengan kerabat atau orang-orang terdekat merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya ingat dan juga konsentrasi. 

Tidak sampai sini saja, seringnya Anda berkumpul dengan orang-orang tersebut maka Anda juga akan terhindar dari stres yang biasanya menjadi faktor utama seseorang yang sulit berkonsentrasi. Maka dari itu, mulailah untuk menjalin hubungan yang baik dengan orang-orang di sekitar Anda untuk membantu meningkatkan daya konsentrasi Anda

 

Menghindari Multitasking

Terkadang, banyak orang yang rela mengerjakan berbagai hal di dalam waktu yang bersamaan demi mendapatkan efisiensi. Padahal, hal ini tentunya sangat berpengaruh kepada daya konsentrasi yang dimiliki. 

Otak tentunya akan sulit untuk menyelesaikan berbagai hal yang berbeda di saat yang bersamaan karena fokus terpecah ke beberapa hal. Karena itu, Anda lebih disarankan untuk tidak melakukan banyak hal secara bersamaan dan usahakan untuk menyelesaikan satu hal terlebih dulu sebelum berpindah ke aktivitas lainnya.

 

Luangkan Waktu Bersantai

Tidak dapat dipungkiri bahwa fokus memang dapat dengan mudah buyar apabila Anda sudah terlalu lama bekerja tanpa henti. Hal ini merujuk kepada kelelahan pada otak Anda yang harus terus-menerus bekerja sehingga Anda pun lama-lama akan kehilangan fokus. 

Karena hal inilah, Anda disarankan untuk beristirahat sesekali di tengah pekerjaan agar otak pun tidak terlalu lelah dan dapat dengan mudah digunakan kembali untuk bekerja setelah membutuhkan istirahat sejenak.

 

Baca Juga: Jadilah Agen Perubahan atau Agent of Change dalam Perusahaan!

 

Mengurangi Stress dengan Mencari Hiburan Sejenak

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa otak tidak dapat digunakan terus-terusan tanpa henti karena apabila otak lelah maka Anda akan kehilangan fokus dan konsentrasi pun akan mudah buyar. 

Karena hal ini, Anda disarankan untuk istirahat dan gunakanlah waktu istirahat Anda dengan mencari hal-hal yang bisa membuat Anda senang, contohnya membuka social media atau membaca hal-hal yang Anda suka untuk hiburan sejenak.

 

Mengkonsumsi Vitamin

Tidak hanya makanan dan kegiatan tertentu saja yang dapat meningkatkan kemampuan berkonsentrasi, Anda pun juga dapat mengonsumsi vitamin khusus yang memang diperuntukkan kesehatan otak. Contoh jenis vitamin-vitamin yang dapat Anda konsumsi untuk kesehatan otak adalah Vitamin B1, B12, B6, Vitamin E dan juga Vitamin C. 

 

Itulah sederet hal seputar konsentrasi dan juga kiat-kiat yang dapat dilakukan bagi Anda untuk meningkatkan daya fokus demi melancarkan pekerjaan. Semoga artikel ini bermanfaat!