hris software payroll

HRIS Software dan Software Payroll, Apakah Keduanya Berbeda?

HRIS software payroll adalah salah satu jenis perangkat lunak yang dinilai dapat memberikan banyak manfaat maupun kemudahan terhadap perusahaan yang menggunakannya. Lebih tepatnya, software satu ini akan memberikan banyak kemudahan bagi seorang HR di perusahaan.

Seperti yang Anda ketahui, keberadaan seorang HR (Human Resources) adalah salah satu hal yang penting untuk dimiliki oleh setiap perusahaan.

Ini karena keberadaannya dapat memaksimalkan produktivitas karyawan serta dapat melindungi perusahaan dari segala permasalahan yang mungkin terjadi di lingkungan kerja.

Selain software HRIS, biasanya divisi HR juga sering menggunakan software payroll. Namun, apakah kedua software ini memiliki fungsi dan kerja yang sama?

Untuk mengetahui penjelasan tentang kedua software tersebut, simak penjelasan artikel LinovHR berikut sampai tuntas ya!

 

Apa Itu Software HRIS dan Software Payroll?

Sebelum mengetahui perbedaan dari software HRIS dan software payroll, hal pertama yang harus Anda ketahui terlebih dahulu adalah mengenai pengertian dari keduanya.

Software HRIS (Human Resource Information System) adalah jenis perangkat lunak yang bekerja dengan menyediakan penyimpanan terpusat untuk data-data karyawan yang dibutuhkan oleh divisi HR dalam melaksanakan pekerjaannya. Software ini umumnya bertindak sebagai master data karyawan.

Dengan menggunakan software HRIS, maka perusahaan dan divisi HR akan dimudahkan dalam hal menyimpan, memproses, hingga mengelola data karyawan. Data yang dimaksud misalnya nama, alamat, nomor identitas, hingga informasi penting lainnya. 

Tak hanya itu, software HRIS juga membantu perusahaan untuk mengelola segudang aktivitas sumber daya manusia seperti rekrutmen, penilaian kinerja, pelatihan kerja, pengelolaan tunjangan karyawan, hingga manajemen waktu dan kehadiran.

Sedangkan, software payroll adalah salah satu jenis perangkat lunak yang dapat membantu perusahaan dan divisi payroll dalam mengelola kegiatan administrasi perusahaan yang berhubungan dengan penggajian karyawan. Biasanya, software payroll merupakan salah satu modul atau menu yang terdapat dalam software HRIS.

Perusahaan yang menggunakan software payroll akan mendapatkan banyak kemudahan. Salah satunya adalah kemudahan dalam proses penghitungan gaji karyawan yang didasarkan pada jam kerja dan kinerja karyawan. Hal ini dapat terjadi karena software payroll terintegrasi dengan aspek manajemen SDM lain dalam software HRIS.

Selain melakukan perhitungan gaji, software payroll juga dapat menghitung komponen-komponen penggajian lainnya seperti BPJS, PPh 21, bonus, komisi, upah lembur, hingga tunjangan lainnya.

 

Baca Juga: 7 HRD Tools Penting untuk Kelancaran Manajemen SDM

 

Perbedaan Software HRIS dan Software Payroll

Melalui penjelasan di atas, tentu Anda sudah dapat mengetahui perbedaan fungsi dan kerja dari software HRIS dan software payroll.

Dalam kerjanya, software HRIS akan memiliki cakupan fungsi dan kerja yang lebih luas. Ini karena software HRIS dapat digunakan untuk mengelola berbagai aspek manajemen sumber daya manusia.

Dengan menggunakan software HRIS, maka perusahaan dapat melakukan pengelolaan kegiatan administrasi perusahaan secara keseluruhan seperti pengelolaan database karyawan, proses rekrutmen, pengelolaan penggajian karyawan, mengelola kompetensi karyawan, melakukan penilaian terhadap kinerja karyawan, hingga masalah absensi karyawan.

Sedangkan, software payroll hanya memiliki cakupan fungsi terhadap proses pengelolaan penggajian perusahaan terhadap karyawan. Software payroll sendiri merupakan salah satu bagian dari software HRIS, seperti yang sudah disebutkan di atas.

 

Fitur HRIS Software Payroll yang Penting

Jika perusahaan yang Anda jalani ingin menggunakan software HRIS guna mempermudah kegiatan administrasi perusahaan, maka Anda harus mengetahui mengenai fitur-fitur apa saja yang harus terdapat di dalam HRIS software payroll

Berikut adalah beberapa fitur penting yang harus tercantum di dalam software HRIS.

 

  1. Organization Management

Fitur organization management dapat digunakan oleh perusahaan untuk melihat secara visual dan lengkap mengenai gambaran besar organisasi perusahaan dan berbagai komponen lainnya.

 

  1. Personnel Administration

Melalui fitur ini, perusahaan dapat mengelola secara terperinci mengenai informasi dan data diri karyawan yang dimilikinya.

 

  1. Recruitment

Melalui fitur recruitment, manajemen HRD dapat melakukan manpower planning, recruitment request, career announcement melalui website dan proses rekrutmen lainnya.

 

Baca Juga: Kelola Rekrutmen Lebih Baik dengan Data Driven Recruitment

 

  1. Payroll

Fitur payroll dapat membantu perusahaan dalam melakukan proses pengelolaan terhadap penggajian karyawan mulai dari awal penggajian hingga akhir penggajian. 

 

  1. Competency Management

Fitur ini dapat memudahkan perusahaan dalam mengelola setiap kompetensi yang ada di dalam unit kerja perusahaan.

 

  1. Performance Management

Fitur performance management digunakan untuk melakukan penilaian kinerja, menetapkan KPI, serta melakukan analisis hasil kinerja karyawan.

 

  1. Time & Attendance

Fitur ini dapat mempermudah manajemen perusahaan, terutama seorang HRD dalam mengelola jadwal kerja karyawan dengan dinamika yang tinggi serta pola kerja yang bervariasi.

 

  1. Reimbursement

Fitur ini dapat mempermudah perusahaan dalam proses reimburse pada setiap karyawan, baik itu berupa asuransi kesehatan, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dana pensiun, uang lembur, maupun tunjangan lainnya.

 

  1. Succession Management

Fitur ini dapat digunakan oleh perusahaan dalam mengelola hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan suksesi perusahaan, seperti memastikan bahwa posisi-posisi penting yang akan kosong di perusahaan telah memiliki calon karyawan yang akan menduduki posisi tersebut.

 

  1. Loan

Fitur loan dapat digunakan oleh perusahaan untuk memberikan fasilitas pinjaman terhadap karyawan yang memiliki permasalahan keuangan.

 

Baca Juga: Ketentuan Employee Loan yang Harus Diperhatikan

 

  1. Employee Self Services (ESS)

Dengan fitur ESS, maka perusahaan dapat memungkinkan karyawan untuk terlibat langsung dalam mengakses dan mengelola data human resource yang mereka miliki di dalam perusahaan tersebut. Lewat fitur ini, karyawan bisa melakukan absensi, mengubah data pribadi, dan mengajukan cuti secara mandiri.

 

  1. Learning Management System

Fitur LMS dapat berfungsi bagi perusahaan untuk mengelola segala hal yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran atau pengembangan skill maupun kompetensi yang dimiliki oleh karyawan.

 

  1. Career Path

Fitur career path dapat memudahkan perusahaan dalam mengatur jenjang karier yang dimiliki oleh para karyawannya.

 

HRIS Software LinovHR, Software HR dan Payroll Sekaligus

Melalui penjelasan di atas, Anda sudah dapat mengetahui banyaknya manfaat dan kemudahan yang akan didapatkan oleh perusahaan dalam menggunakan HRIS software payroll.

Saat ini, sudah ada perangkat lunak yang menyediakan software HRIS dan software payroll secara bersamaan. Dalam hal ini, tentu perusahaan Anda tidak perlu mengeluarkan dana yang lebih untuk menggunakan kedua software yang berbeda untuk mengakomodir manajemen SDM dan penggajian karyawan.

 

software hris

 

Perangkat lunak yang dimaksud adalah HRIS Software LinovHR yang sudah mengintegrasikan software HRIS dan software payroll.

Dengan menggunakan Software HRIS LinovHR, maka perusahaan Anda akan mendapatkan banyak kemudahan dan keuntungan karena software ini sudah memiliki seluruh fitur HRIS software payroll penting seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Perusahaan akan dimudahkan dalam melakukan seluruh kegiatan administrasi perusahaan, mulai dari kegiatan penggajian, absensi, rekrutmen, database karyawan, hingga proses penilaian kinerja karyawan.

Dalam kerjanya, Software HRIS LinovHR dapat melakukan segala fungsi dan kerja yang dilakukan oleh software HRIS maupun software payroll. Dengan begitu, perusahaan Anda tidak perlu lagi menggunakan kedua jenis software yang berbeda.

Software ini juga sudah berbasis cloud, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan dan kapasitas datanya.

Selain itu, LinovHR juga merupakan software yang mudah digunakan dan dipasang, sehingga HR dan karyawan dapat menggunakannya dengan segera.

Tunggu apa lagi? Segera dapatkan seluruh kemudahan Software HRIS LinovHR sekarang juga!