Jam Kerja Fleksibel

9 Dampak Positif Jam Kerja Yang Fleksibel Pada Perusahaan

Perubahan kehidupan modern berlangsung cepat, dan berdampak langsung pada kinerja karyawan dan perusahaan, salah satunya adalah jam kerja yang fleksibel. Bahkan dalam artikel kami sebelumnya yang membahas isu kontemporer dalam manajemen SDM Di bawah ini ada beberapa dampak positif yang didapat oleh perusahaan melalui jam kerja yang lebih fleksibel:

 

mobile ess

 

1. Kerja sama team yang lebih baik

Karyawan yang bisa mengatur jadwal kerja pribadi dan bekerja dari rumah bisa membuat mereka melakukan perawatan ke dokter, menemani anak beraktivitas, dan momen kehidupan lainnya.

Setiap orang yang mendapatkan fleksibilitas yang sama, jadi mereka saling membantu ketika seseorang tidak berada di kantor. Alih-alih penolakan, tim kerja menjadi lebih erat karena semua mendapatkan manfaatnya.

 

2. Pekerja lebih produktif

Beberapa penelitian beberapa tahun terakhir ini menunjukkan bahwa orang yang bekerja dari rumah dan di kantor lebih produktif daripada yang selalu di kantor. Pikiran yang lebih rileks karena bekerja dari rumah dan merasa mendapatkan kontrol pribadi yang lebih membuat karyawan lebih kreatif dan produktif.

 

3. Karyawan lebih bahagia dan puas

Karyawan yang merasa diberikan kuasa untuk mengatur pekerjaan dan kehidupan pribadi sesuai keinginan merasa lebih puas. Bahkan ketika ditanya, mereka lebih memilih untuk mempunyai jam kerja fleksibel daripada menerima kenaikan gaji. Ini juga menunjukkan kalau gaji bukanlah yang terpenting bagi kebanyakan orang.

 

Baca Juga: 3 Cara Mengatur Wanita yang Harus Masuk Shift Malam

 

4. Tenaga kerja yang lebih variatif

Perusahaan bisa merekrut siapa saja untuk bekerja dari rumah, bahkan karyawan dari luar negeri. Sumber daya manusia yang profesional bisa didapatkan dari luar kota dengan jangka waktu yang fleksibel. Tren di masa depan juga menunjukkan tingginya pertumbuhan freelancer atau pekerja lepas.

 

5. Membuka sumber-sumber tenaga kerja baru

Dengan menawarkan jam kerja fleksibel dan prinsip ramah terhadap keluarga, perusahaan bisa menemukan karyawan yang tidak bisa dijangkau oleh jam kerja tradisional. Orang tua yang bekerja dari rumah, pasangan personel milliter, pensiunan profesional,dan orang profesional namun cacat, semuanya bisa diterima melalui jam kerja fleksibel.

 

6. Mengurangi dampak lingkungan

Lebih sedikit bangunan yang harus dirawat, kurangnya perjalanan dari rumah ke tempat kerja, dan lebih sedikit peralatan kantor yang diperlukan. Ini hanya beberapa cara jam kerja fleksibel bisa menolong perusahaan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

 

7. Mengurangi TurnOver

Manfaat selanjutnya adalah dapat mengurangi keluarnya karyawan (Turnover Rate) dan biaya perekrutan. Karyawan yang puas tidak akan berpindah kerja, mengurangi stres bagi HRD.

.

8. Pertumbuhan yang lebih cepat

Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa perusahaan yang mengijinkan jam kerja fleksibel bertumbuh lebih pesat daripada perusahaan yang hanya memiliki pekerja kantoran. Perusahaan juga bisa merekrut agen penjualan dari manapun.

 

9. Manfaat lainnya

Jam kerja fleksibel bisa meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan, mengurangi bolos kerja, peningkatan produktivitas, dan meningkatkan interaksi dan motivasi.

 

5 Hal yang perlu diperhatikan Sebelum menerapkan jam kerja fleksibel

Meskipun jam kerja fleksibel membawa dampak positif bagi perusahaan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menerapkannya, seperti:.

  1. Kemungkinan kesulitan operasional, biaya tambahan dan tantangan dari manajer

  2. Kemungkinan tekanan tambahan bagi karyawan yang tidak meminta jam kerja fleksibel

  3. Potensi dampak negatif pada pelayanan pelanggan dan kualitas pekerjaan

  4. Tantangan dalam mengatur jadwal kerja dan shift

  5. Kesulitan komunikasi dengan karyawan yang tidak berada di kantor

 

Hal ini karena implementasi jam kerja dengan waktu fleksibel akan berbeda-beda pada setiap perusahaan.

Setiap perubahan pasti ada tantangannya. Perusahaan yang ingin lebih fleksibel dan bertumbuh perlu memikirkan pemberlakuan jam kerja fleksibel. Pertimbangkan keuntungan dengan dampak terhadap kinerja dan kultur perusahaan, sosialisasikan dengan karyawan yang berminat, dan monitor dampaknya.

 

Time Management LinovHR: Solusi Atur Jam Kerja Fleksibel

Selain beberapa hal diatas, perusahaan juga dapat menggunakan bantuan software time management untuk mengatur jadwal kerja agar lebih efektif. 

LinovHR adalah solusi tepat untuk hal tersebut, Kami memiliki modul time management yang dapat memudahkan perusahaan untuk mengatur jadwal kerja karyawan baik jadwal kerja yang fleksibel maupun tidak.

Fitur Time Management LinovHR meliputi:

  1. Fitur Time Group untuk mengelompokan jadwal kerja karyawan.
  2. Fitur Calender untuk menampilkan agenda, event dan jadwal libur kerja.
  3. Schedule Exception untuk mengganti jadwal kerja.
  4. Menu Leaves untuk manajemen cuti karyawan
  5. Fitur Permit Request untuk mudahkan karyawan ajukan izin kerja.
  6. Fitur Overtime Request untuk mudahkan manajemen lembur.

Selain itu masih banyak fitur dari Software HRIS LinovHR yang dapat memudahkan manajemen kerja karyawan, Simak berbagai fitur menarik lain nya lewat sini -> LinovHR.COM/Time-Management/