pekerjaan paling dicari

Pekerjaan Paling Dicari di Tahun 2020

Terpikir mau pindah kerja? Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat pengangguran terbuka (TPT) pada Februari 2020 sebesar 4,99 persen dengan jumlah pengangguran sebanyak 6,88 juta orang. Hal ini disebabkan oleh Pandemi COVID-19 yang menyebar di seluruh dunia. Banyak perusahaan harus merugi karena pembatasan sosial untuk mengurangi dampak infeksi COVID-19 dan akhirnya terpaksa harus mengurangi jumlah karyawan. 

Pandemi COVID-19 benar-benar menyerang sektor finansial, bisnis, dan kesehatan di tahun 2020. Tren bekerja dari rumah atau work from home pun kian meningkat. Meskipun demikian, banyak perusahaan masih membutuhkan posisi tertentu di perusahaan untuk memperkuat posisi perusahaan menghadapi pandemi. Lalu pekerjaan apa saja yang banyak dicari pada tahun 2020?

 

Daftar  Pekerjaan  Paling Banyak Dicari 2020

Mencari kerja di masa pandemi mungkin sangat sulit. Banyak karyawan yang sedang menimbang apakah akan pindah kantor atau bertahan serta fresh graduate yang kesulitan mencari kerja. Untuk lebih jelas dan mudah mencari kerja, dibawah ini adalah daftar pekerjaan yang paling banyak dicari di tahun 2020: 

 

Content Digital Specialist

Implementasi dalam dunia digital berkembang dengan sangat cepat sejak pandemi. Perusahaan mulai membutuhkan spesialis konten digital untuk membantu mengelola maintenance konten digital. Jumlah layanan digital yang ditawarkan kepada konsumen terus bertambah setiap bulan. Ditambah lagi kewajiban bagi tiap orang untuk melakukan physical distancing atau jaga jarak. Jenis pekerjaan ini dapat dilakukan dari jarak jauh atau remote dan didominasi dari sektor hiburan hingga edukasi.

 

Computer System Analyst

Dengan meningkatnya sistem komputasi di seluruh dunia, kebutuhan Computer System Analyst juga meningkat. Diperkirakan pada tahun 2026, kebutuhan Computer System Analyst berkembang menjadi hampir setengah dari satu juta lowongan pekerjaan di bidang ini. Teknologi informasi yang lebih luas dalam bisnis maupun pribadi menjadi faktor utamanya, apalagi bidang AI dan robotika yang berkembang dan mulai dilirik perusahaan. 

 

Financial Advisor

Tidak semua individu paham benar mengelola keuangan pribadinya. Disinilah peranan financial advisors untuk membantu individu mengelola keuangan pribadi mereka termasuk perencanaan untuk tujuan jangka pendek  atau panjang, menavigasi pembayaran hutang, dan membantu memilih investasi. Financial Advisor dapat menghasilkan uang dengan berbagai cara, mulai dari mendapatkan komisi dari keuntungan yang didapat client dan bayaran atas waktu konsultasi. Penasihat keuangan yang menjual produk tertentu atau mengelola investasi klien mungkin perlu mendapatkan lisensi tertentu. 

 

Baca Juga : Tugas dan Tanggung Jawab Business Consultant

 

Web Developer

Digitalisasi membuat perusahaan mulai menyadari betapa pentingnya memiliki sebuah website yang baik untuk mengembangkan bisnis. Web developers membangun situs web klien menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML dan JavaScript, membuat konten situs web, dan memelihara situs web yang mereka buat, serta memperbaiki masalah yang bisa muncul di kemudian hari. Seorang web developer didominasi oleh lulusan IT, DKV, dan sebagainya. Namun, posisi ini juga terbuka untuk lulusan dari jurusan lain selama lulusan tersebut memiliki portofolio yang mengesankan. 

 

Information Security Analyst

Teknologi yang berkembang pesat juga diikuti dengan berbagai risiko yang muncul, seperti pencurian data oleh hacker. Information security analyst bertugas untuk menjaga keamanan sistem komputer dengan memantau potensi pelanggaran dan menerapkan penggunaan infrastruktur keamanan di perusahaan tertentu.  Seseorang yang ingin melamar posisi Information security analyst harus menguasai ilmu komputer atau pemrograman serta pengetahuan tentang alat dan program keamanan informasi.

 

Baca Juga : Panduan untuk Evaluasi Pelatihan Karyawan

 

Software Developer

Perusahaan membutuhkan berbagai software untuk menghasilkan kinerja yang lebih efektif dan efisien. Software developer bertugas untuk memenuhi permintaan perusahaan membuat perangkat lunak dalam memenuhi kebutuhan tertentu. Mereka akan merancang berbagai software dan aplikasi,  memantau efisiensi kerja sistem, dan membuat pembaruan yang diperlukan untuk memastikan teknologi berjalan dengan lancar.

. 

Dari profesi yang sudah disebutkan, profesi mana yang paling cocok dengan minat Anda? Jika Anda sudah menetapkan profesi yang Anda inginkan. Selanjutnya lakukanlah penelitian, industri mana yang Anda inginkan. Terdapat beberapa pekerjaan yang dapat dilakukan secara lintas industri sehingga memberikan lebih banyak pilihan. Misalnya, jika Anda seorang pakar keuangan, Anda mungkin dapat pekerjaan di berbagai industri seperti kesehatan, teknologi, media, menyeberang ke industri yang berbeda dan membuat perubahan pekerjaan yang sukses. Selamat mendapatkan pekerjaan impian Anda di 2020.