Talent Sourcing: Pengertian, Manfaat dan Tantangannya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Talent sourcing featured
Isi Artikel

Talent sourcing adalah proses penting dalam manajemen sumber daya manusia yang berfokus pada identifikasi, penarikan, dan perekrutan individu yang memiliki potensi dan kualifikasi yang sesuai untuk mengisi posisi di sebuah organisasi.

Dalam era digital dan persaingan ketat di pasar kerja saat ini, praktik talent sourcing menjadi semakin penting bagi perusahaan untuk mempertahankan dan meningkatkan daya saingnya.

Artikel LinovHR ini akan mengulas pengertian, manfaat, serta tantangan yang sering dihadapi dalam proses sourcing talenta.

 

 

Pengertian Talent Sourcing

Talent sourcing adalah proses strategis untuk mencari, menilai, dan mengidentifikasi kandidat yang potensial untuk mengisi posisi tertentu dalam organisasi.

Tujuan utamanya adalah menciptakan talent pool yang berisi individu yang memiliki kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Salah satu komponen penting dalam talent sourcing adalah melibatkan kandidat pasif, yaitu mereka yang tidak sedang mencari pekerjaan secara aktif, tetapi bersedia untuk menjajaki peluang baru jika sesuai dengan mereka.

Proses talent sourcing ini dilakukan dengan berkelanjutan sehingga perusahaan tetap memiliki supply kandidat yang berkualitas secara konsisten. Hal ini penting sehingga perusahaan dapat membentuk talent pipelines yang sehat.

 

Manfaat Talent Sourcing

Melalui praktik talent sourcing, perusahaan memiliki tempat untuk mengelola kandidat potensial yang dapat diandalkan untuk mengisi posisi di masa mendatang.

Selain itu, manfaat lainnya adalah:

  1. Membawa pelamar yang telah melewati seleksi kualifikasi, sehingga Anda tidak perlu lagi menyortir lamaran dari mereka yang tidak memenuhi syarat, yang pada gilirannya membantu meningkatkan indikator waktu rekrutmen.
  2. Memberikan akses kepada Anda terhadap kandidat yang telah mengenal merek perusahaan Anda melalui interaksi sebelumnya, sehingga mereka cenderung lebih cocok dengan budaya perusahaan Anda.
  3. Bermanfaat ketika pendekatan rekrutmen konvensional terbukti sulit. Contohnya, ketika Anda mencari individu untuk mengisi posisi yang sangat khusus dan membutuhkan keahlian yang sangat spesifik.

 

Baca Juga: Apakah Itu Talent Community dan Bagaimana Ia Membantu Perekrutan

 

Tantangan dalam Proses Talent Sourcing

Tantangan dalam Proses Talent Sourcing
Tantangan dalam Proses Talent Sourcing

 

Lebih daripada sekadar angka-angka, rekrutmen telah berkembang menjadi sebuah fungsi yang sangat strategis dan terkait erat dengan tujuan bisnis, bukan lagi sekadar fungsi pendukung seperti masa lalu.

Dalam konteks ini, mengidentifikasi bakat yang sesuai untuk peran tertentu, dengan penekanan pada waktu dan kualitas rekrutmen, menjadi sangat penting untuk memastikan tingkat produktivitas dan efisiensi di lingkungan kerja mencapai titik optimal.

Secara umum, ada beberapa tantangan umum yang dihadapi oleh banyak tim rekrutmen ketika mencari kandidat yang paling sesuai:

 

  1. Kualitas Sumber Daya yang Selaras dengan Tujuan Perusahaan

Setiap organisasi menginginkan individu terbaik dalam proses rekrutmen, sehingga tim HR harus menemukan keunggulan kompetitif yang unik dalam kompetisi yang semakin ketat ini.

 

  1. Menyelaraskan Peran Pekerjaan dengan Kandidat yang Tepat

Terkadang, hiring manager menghadapi kesulitan untuk menjangkau kandidat yang paling cocok, karena berbagai alasan seperti batasan waktu, kompleksitas proses, atau hambatan lainnya yang mengganggu proses pencarian.

 

  1. Menangani Ekspektasi Global dalam Konteks Lokal

Perusahaan multinasional seringkali harus berurusan dengan peraturan dan praktik rekrutmen yang berbeda-beda di berbagai lokasi, yang mungkin tidak selalu sejalan dengan norma-norma global yang telah ditentukan sebelumnya.

Ini bisa memperlambat proses rekrutmen dan bahkan menyebabkan kehilangan pelamar yang sangat cocok.

 

  1. Mencapai Akuisisi Bakat dengan Biaya yang Optimal

Ketika proses pencarian bakat tidak dikelola dengan baik, tim HR dapat menghadapi peningkatan biaya rekrutmen yang melebihi anggaran yang telah ditetapkan.

 

Strategi Melakukan Talent Sourcing

talent sourcing infografis
Strategi Talent Sourcing

 

Talent sourcing adalah suatu proses yang memengaruhi seluruh tahap proses talent acquisition management.

Jenis kandidat yang Anda cari menjadi patokan yang akan diikuti oleh proses perekrutan. Sebagai kegiatan yang bisa menentukan jalannya rekrutmen, memiliki strategi talent sourcing yang tepat sangat penting.

Berikut adalah 5 strategi talent sourcing yang bisa Anda terapkan dan berorientasi pada bisnis.

 

  1. Membuat Persona Kandidat: Apakah Anda Tahu dengan Siapa Anda Berbicara?

Sama seperti dalam penjualan, di mana penting untuk mengenal audiens target atau persona klien ideal Anda, dalam talent sourcing juga bijaksana untuk memulai dengan membangun persona kandidat ideal.

Ketika melakukannya, penting bagi talent sourcing untuk menjaga saluran komunikasi tetap terbuka antara pemimpin tim kepada siapa rekrutan baru akan melapor, manajer perekrutan, dan pemimpin bisnis, terutama untuk peran yang lebih senior.

Hal ini membantu dalam menciptakan persona yang dapat diterima dengan baik oleh stakeholder yang secara langsung berpengaruh oleh keputusan perekrutan.

 

  1. Menemukan Persona Kandidat Anda: Apakah Anda Tahu di Mana Mencari?

Setelah Anda mengetahui persona kandidat ideal, selanjutnya identifikasi mana saluran mencari kandidat yang ideal.

Hal yang perlu diingat adalah bahwa kandidat ideal dapat bervariasi antara peran, tingkat, dan proses. Namun, ada beberapa karakteristik yang perlu disesuaikan dengan merek dan budaya kerja perusahaan.

Mengetahui di mana mencari akan membantu Anda memenangkan setengah pertempuran pencarian kandidat. Sebagai contoh, saat mencari desainer, Behance dan Dribble mungkin lebih cocok, sedangkan GitHub atau StackOverflow lebih baik digunakan untuk mencari pengembang.

Oleh karena itu, talent sourcing perlu mengetahui komunitas dan platform terbaru yang dipilih oleh kandidat.

 

  1. Menghubungkan dengan Tepat: Bagaimana Anda Mendorong Keterlibatan Kandidat?

Di dalam strategi talent sourcing, berinteraksi dengan kandidat potensial adalah keharusan. HR perlu mengetahui talenta potensial berada dan perlu terhubung dengan mereka di sana.

Media yang Anda pilih untuk membuka dan mempertahankan percakapan yang menarik dengan kandidat, baik melalui job portal, sistem berbagi portofolio, platform jejaring sosial, atau bahkan melalui email, harus menjadi media percakapan yang nyaman bagi kandidat.

Penting juga untuk mempersonalisasi pesan yang Anda sampaikan. Komunikasi yang konsisten sangat penting terutama dalam hal terhubung dan berinteraksi dengan talenta pasif, ini akan membantu Anda membangun dan memelihara talent pipeline yang kuat.

 

  1. Membangun Cerita Merek Pemberi Kerja Anda: Apakah Mereka Tahu Siapa Anda?

Untuk mencari bakat yang tepat, Anda perlu mengetahui branding perusahaan yang ingin Anda sampaikan kepada kandidat ideal.

Bagaimana titik kontak pengalaman kandidat dikelola selama proses perekrutan memengaruhi persepsi kandidat terhadap merek pemberi kerja.

Setiap interaksi penting dan memberikan Anda kesempatan untuk membangun kredibilitas perusahaan. Ini membantu Anda membangun citra organisasi kepada kandidat yang Anda targetkan. Hal ini juga berlaku untuk kumpulan kandidat yang Anda hindari selama proses sourcing.

 

  1. Bersifat Fleksibel: Apakah Anda Siap Berubah?

Talent sourcing perlu bisa menjaga strategi yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan mempertimbangkan tren bakat terbaru, kebutuhan bisnis, dan patokan pekerjaan terbaru.

Ide ini adalah untuk terbuka terhadap eksperimen dan menjelajahi berbagai aspek perubahan dalam ekosistem bakat.

Dengan generasi baru dan teknologi yang terus berkembang, proses sourcing perlu terus beradaptasi. Proses rekrutmen harus memiliki kemampuan untuk tidak hanya mengikuti dan mematuhi tren, tetapi juga untuk memimpin perubahan dengan menentukan bagaimana dan dari mana bakat diakuisisi dan dipelihara di organisasi.

 

HRIS Software LinovHR: Bantu Penerapan Talent Sourcing

Fitur Candidate Recruitment - LinovHR
Fitur Candidate Recruitment – LinovHR

 

Talent sourcing membantu perusahaan untuk dapat dengan cepat mendapatkan kandidat yang ideal dengan kebutuhan perusahaan. Di dalam prosesnya, ini melibatkan berbagai kegiatan yang berkelanjutan yang membutuhkan proses yang cepat.

Proses ini tentu saja akan sulit dilakukan secara manual dan akan sangat memakan waktu. Untuk memudahkan proses sourcing talenta, memanfaatkan segala kecanggihan yang ada dalam Software HRIS LinovHR akan sangat membantu Anda.

Software HRIS LinovHR adalah salah satu aplikasi yang memiliki sistem terintegrasi yang akan memudahkan HR dalam mengelola dan mengurus segala kebutuhan terkait talenta perusahaan.

Di dalam Software HRIS LinovHR, ada modul khusus yang mampu mengelola perencanaan rekrutmen, proses rekrutmen, dan database talent pool. Modul tersebut adalah Modul Recruitment.

Modul Recruitment LinovHR mendukung perusahaan untuk melakukan rekrutmen secara terencana, karena modul ini dilengkapi dengan fitur Manpower Planning, di mana HR dan manajerial perusahaan bisa menentukan kapan akan melakukan rekrutmen dan standar seperti apa yang dibutuhkan.

Di dalam modul ini juga tersedia fitur web career, yang dapat dimanfaatkan perusahaan untuk memasang informasi lowongan.

Lalu, dengan fitur Semua lamaran yang masuk pun bisa dikumpulkan di dalam satu fitur Talent Acquisition.

 

LinovHR

 

Manfaatkan juga modul Competency Management, di mana modul ini akan membantu Anda dalam menentukan kompetensi dan skill apa yang harus dipenuhi oleh kandidat untuk mengisi suatu posisi.

Fitur Assessment dalam modul Competency juga akan membantu Anda untuk menilai kecakapan kandidat untuk mengisi posisi di perusahaan.

Jangan sia-siakan waktu berharga Anda dalam mencari-cari kandidat yang tepat. LinovHR hadir untuk mempermudah perjalanan Anda dalam penerapan Talent Sourcing yang sukses. Dapatkan kontrol penuh atas proses pencarian bakat Anda dan fokuslah pada hal-hal yang benar-benar penting.

 

Jadi, tunggu apa lagi? Segera manfaatkan LinovHR untuk membantu Anda menemukan bakat berkualitas tinggi yang akan mengangkat organisasi Anda ke puncak kesuksesan.

 

Tentang Penulis

Picture of Winda Farahsati
Winda Farahsati

SEO Content Writer yang berdedikasi untuk menghadirkan konten artikel informatif dan berkualitas seputar HR dan dunia pekerjaan.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Winda Farahsati
Winda Farahsati

SEO Content Writer yang berdedikasi untuk menghadirkan konten artikel informatif dan berkualitas seputar HR dan dunia pekerjaan.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter