aplikasi slip gaji

6 Tips Membeli Aplikasi Slip Gaji Online untuk Perusahaan

Slip gaji sering dianggap remeh bagi  sebagian orang. Bentuknya sih hanya selembar atau dua lembar, tetapi slip gaji mempunyai kegunaan sangat besar. Itulah sebabnya mengapa karyawan sering meminta HRD untuk menerbitkan slip gaji untuk keperluan tertentu. Biasanya beberapa HRD dalam perusahaan menggunakan spreadsheet untuk membuat slip gaji. Namun, cara tersebut tak lagi efisien. Kini perusahaan mulai beralih ke aplikasi slip gaji. Bagaimana cara kerjanya, ya? 

 

Sekilas Mengenai Aplikasi Slip Gaji Online

Slip gaji karyawan menyajikan rincian gaji yang diterima karyawan dalam sebulan. Komponen rincian gaji mencakup gaji pokok, tunjangan, potongan pajak, dan sebagainya. Rincian yang tertera pada slip gaji tergantung dengan jabatan dan posisi si karyawan dalam perusahaan. Setiap perusahaan berhak menentukan format slip gaji. Namun, format slip gaji dengan cara input data ke dalam spreadsheet cukup melelahkan dan memakan waktu lama. Keakuratan input datanya patut diragukan karena berpotensi adanya kesalahan input data. Oleh karena itu, HRD membutuhkan aplikasi slip gaji. 

 

Baca Juga: Mengatasi Human Error dalam Pengelolaan Karyawan

 

Aplikasi slip gaji adalah sebuah perangkat lunak yang terkoneksi dengan internet dan mampu mengolah informasi gaji karyawan menjadi slip gaji. Proses kerjanya pun dapat dilakukan secara online. HRD yang memiliki segudang tugas akan tertolong dengan kehadiran aplikasi ini. Dengan aplikasi slip gaji online, HRD dapat mengintegrasikan komponen gaji masing-masing karyawan dalam kesatuan sistem. Integrasi antar komponen sangat menguntungkan bagi HRD dari segi efisiensi waktu.  

Komponen gaji dihitung dan langsung dibuat laporannya dalam format PDF yang mudah dicetak dan tidak mudah berubah dari segi format. Setelah selesai, HRD dapat langsung mengirim slip gaji melalui e-mail. Cara ini tentu sangat menghemat kertas, mengingat slip gaji dengan cara manual umumnya dicetak dalam selembar kertas.  Selain mengintegrasikan komponen gaji, aplikasi slip gaji online juga dapat diintegrasikan kepada pembuatan laporan payroll bulanan. Pembuatan laporan payroll bulanan yang bersifat repetitif dapat diselesaikan dengan cepat dan akurat. Sehingga, pengambilan keputusan berdasarkan laporan payroll juga lebih tepat. 

 

Pentingnya Slip Gaji Karyawan

Slip gaji karyawan digunakan untuk mengetahui jumlah rincian gaji yang diterima karyawan dalam sebulan. Contohnya seorang staf sales yang baru saja diterima kerja dan lulus bulan lalu menerima gaji pokok sebesar Rp5 juta setiap bulannya. Gaji pokok itu harus dipotong iuran Jaminan Hari Tua (JHT) dan PPh 21. Dengan mengetahui jumlah gaji pokok dan potongan yang ada, diharapkan seorang karyawan menjadi bijak dalam mengatur keuangan pribadinya.

 

Baca Juga: Tata Cara Menghitung Penghasilan Tidak Kena Pajak

 

Disamping itu pula, slip gaji biasa digunakan sebagai lampiran dokumen administratif untuk  mengajukan kredit rumah, kendaraan bermotor, dan elektronik. Berdasarkan komponen gaji yang tertera pada slip gaji, pihak kreditur akan menilai apakah karyawan mampu untuk membayar cicilan tiap bulan. Dengan demikian pihak kreditur yakin bahwa si karyawan mampu membayar. Sementara karyawan berhasil mendapatkan hunian atau benda impian untuk meningkatkan kualitas hidup. 

Ada masanya juga ketika seorang karyawan memutuskan resign dan beralih bekerja di perusahaan lain. Sebelum resign dari pekerjaan saat ini dan melamar pekerjaan baru, ada baiknya karyawan meminta slip gaji terlebih dahulu. Slip gaji juga dapat digunakan untuk pengajuan besaran gaji yang lebih tinggi di perusahaan lain.  Selanjutnya, perusahaan lain akan menjadikan slip gaji lama sebagai referensi untuk mempertimbangkan besaran gaji yang pantas berdasarkan pengalaman dan kemampuan. 

 

6 Tips Membeli Aplikasi Slip Gaji Karyawan

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa slip gaji sangat penting bagi karyawan untuk keperluan tertentu. HRD juga sangat tertolong berkat aplikasi slip gaji online yang menyederhanakan proses pembuatan slip gaji menjadi simpel dan ringkas. Namun, sudahkah perusahaan memilih aplikasi slip gaji karyawan yang tepat? Ini adalah pertanyaan besar bagi banyak perusahaan. Berikut tips memilih dan membeli aplikasi slip gaji online terbaik  untuk perusahaan:  

 

1. Pilih yang berbasis online

Dibandingkan software yang dipasang dalam sebuah perangkat keras, aplikasi online jauh lebih mudah digunakan. Aplikasi slip gaji online dapat bekerja dengan sistem online. Pembuatan slip gaji mudah dilakukan melalui perangkat keras apa saja dan dimana saja. 

 

2. Mampu mengikuti perubahan seputar ketenagakerjaan.

 

Perubahan seputar ketenagakerjaan akan mempengaruhi komponen pada slip gaji. Maka sistem harus mampu beradaptasi dan diperbaharui agar sama peraturan ketenagakerjaan terbaru. 

 

4. Terintegrasi dengan baik.

Kenali terlebih dahulu sistem yang ada dalam aplikasi sebelum memilih yang cocok untuk perusahaan. Aplikasi yang terintegrasi baik mempunyai sistem yang mampu menghitung pajak secara otomatis dan melakukan potongan-potongan biaya tertentu dengan akurat. Sehingga jumlah gaji bersih yang tertera sudah benar dan valid.  

 

5. Sesuai UU Ketenagakerjaan dan regulasi pajak.

UU ketenagakerjaan dan regulasi pajak telah mengatur bagaimana perusahaan melakukan penggajian dan potongan pajak. Pilih aplikasi yang sesuai dengan UU Ketenagakerjaan dan regulasi pajak terkait agar slip gaji yang dihasilkan tidak perlu diragukan legalitasnya.

 

6. Aman dan rahasia.

Komponen gaji adalah hal yang rahasia dan tidak boleh jatuh ke tangan yang tak berhak. Jika disimpan pada perangkat keras kantor, kemungkinan akses dari oknum tak bertanggung jawab justru semakin besar. Informasi dan komponen gaji karyawan tersimpan pada cloud server yang menjamin kerahasiaan dan keamanan informasi

 

7. Layanan pelanggan yang sigap.

 

Permasalahan dalam penggunaan aplikasi bisa muncul tiba-tiba. Perhatikan pula bagaimana vendor penyedia aplikasi dalam melayani pelanggan. Apakah fast response dan sigap atau tidak? Layanan yang baik akan membantu perusahaan untuk menyelesaikan hambatan dalam penggunaan aplikasi slip gaji.

 

LinovHR: Solusi Terbaik untuk Kelola Slip Gaji 

Berdasarkan penjelasan di atas, tentunya banyak perusahaan mulai menduga-duga dan mulai mencari aplikasi slip gaji online terbaik yang paling cocok dengan perusahaan. LinovHR hadir dalam mengatasi permasalahan slip gaji dan sesuai dengan tips memilih aplikasi slip gaji online

Tidak hanya menawarkan integrasi dan keamanan, LinovHR juga menawarkan tampilan antar muka yang mudah dipahami bahkan oleh orang non IT sekalipun. Dengan demikian, proses adaptasi staf HRD dalam menggunakan aplikasi slip gaji online lebih cepat. Jadi, ucapkan selamat tinggal kepada kerumitan dan tumpukan kertas slip gaji dan segera rasakan kemudahan yang ditawarkan dari LinovHR! Hubungi tim layanan LinovHR untuk keterangan lebih lanjut.