Employee Gathering

7 Konsep Ide Employee Gathering Virtual

Pandemi COVID-19 yang terjadi menyebabkan banyak karyawan yang bekerja dari rumah agar tetap aman selama bekerja. Hal ini masih berkaitan dengan pembatasan jumlah individu di lingkungan kantor untuk mengurangi kemungkinan infeksi virus. Berbagai aktivitas perkantoran yang mengundang banyak orang pun tidak dapat diselenggarakan, salah satunya employe gathering. Employee gathering adalah sebuah acara yang diadakan oleh perusahaan untuk memperkuat hubungan antar karyawan.

Namun sejak awal tahun ini, acara gathering tidak memungkinkan untuk diselenggarakan oleh perusahaan karena adanya pandemi COVID-19. 

Meski begitu, masih banyak cara untuk menyelenggarakan employee gathering tanpa harus bertemu langsung, loh! Bagaimana bisa?  Perusahaan dapat menyelenggarakan employee gathering secara online! 

 

Ide Employee Gathering Online

Agar acara gathering karyawan online ini tetap menyenangkan, LinovHR telah merangkum berbagai ide atau konsep yang menarik untuk mendukung acara employe gathering perusahaan Anda.  

Berikut 7 ide yang seru dan menyenangkan untuk acara gathering karyawan:

 

1. Online Office Games

Online office games adalah salah satu ide yang paling populer untuk event gathering karyawan. Aktivitas ini sangat menyenangkan bagi karyawan karena mencakup beberapa aktivitas seperti hiburan, trivia dan kompetisi mini. Umumnya, games ini diadakan selama 90 menit melalui konferensi video. 

 

2. Malam Trivia

Ide berikutnya yang cocok untuk acara virtual gathering karyawan adalah malam trivia atau trivia night. Perlu diketahui, trivia merupakan acara kuis yang dimana karyawan yang ikut harus menjawab beberapa pertanyaan yang telah disusun. 

Cara kerja kuis ini ialah mulai dari menyusun sejumlah pertanyaan yang menyenangkan, lalu kelompokkan karyawan menjadi beberapa tim, dan setiap tim harus bisa menjawab pertanyaan yang telah disiapkan.

Tim yang mampu menjawab pertanyaan dengan jawaban benar paling banyak, maka karyawan berhak mendapatkan hadiah dari perusahaan. Hadiah yang diberikan dapat berupa voucher yang mudah ditukarkan secara online, misalnya voucher belanja, voucher makanan, dan sebagainya.

 

3. Happy Hour

Happy hour disebut juga jam bebas yang merupakan salah satu bagian dari aktivitas pekerjaan, yang dimana pada jam tersebut diisi dengan berbagai kegiatan yang dapat membuat karyawan lebih rileks, seperti berkomunikasi dengan rekan kerja melalui video call membicarakan hal=hal yang menyenangkan di luar konteks pekerjaan. 

Pihak manajemen perusahaan dapat menerapkan aktivitas ini secara rutin, ditambah dengan acara berbagi minuman bersama rekan kerja melalui video call. Tentunya aktivitas ini harus dilakukan setelah jam kerja selesai!

 

Baca Juga: Kiat Membangun Tim Virtual di Tengah Pandemi COVID-19

 

4. Kelas Olahraga Virtual

Konsep berikutnya untuk acara gathering karyawan yang dilakukan virtual, pihak manajemen perusahaan dapat mengadakan kelas olahraga online yang dapat diikuti oleh semua karyawan. Sebab, kesibukan yang padat dan keadaan saat ini tidak memungkinkan karyawan untuk  melakukan berbagai aktivitas olahraga di tempat gym. 

Oleh sebab itu, perusahaan dapat mengadakan kelas olahraga virtual ini  yang dilakukan melalui sambungan video call atau merekrut trainer olahraga profesional untuk memimpin kelas olahraga tersebut. 

 

5. Kelas khusus keterampilan online

Salah satu ide membuat acara gathering karyawan virtual terasa menyenangkan adalah dengan mengadakan kelas khusus pelatihan keterampilan secara online. Kelas khusus yang diadakan tersebut dapat terkait dengan pekerjaan maupun tidak berhubungan dengan pekerjaan. Perlu diketahui, saat ini kelas khusus online sedang populer di berbagai perusahaan. 

 

Baca Juga:  Kelamaan WFH? Waspada Cabin Fever Menyerang!

 

Maka dari itu, manajemen perusahaan perlu terlibat langsung dengan cara menyediakan kelas yang menarik untuk mengembangkan keterampilan karyawan, baik untuk pekerjaan maupun hanya untuk kesenangan saja.

 

6. Kindness Quest

Kindness quest atau pencarian kebaikan merupakan salah satu ide yang tepat untuk membuat acara employee gathering tidak membosankan. Aktivitas ini berfokus kepada rasa syukur yang dipanjatkan. 

Contoh kegiatan dari Kindness Quest adalah acara penulisan surat terima kasih dibuat oleh karyawan untuk perusahaan atau sebaliknya. Aktivitas ini sangat bagus untuk meningkatkan moral karyawan. Selain itu, aktivitas ini mampu memberikan dampak yang positif secara berkelanjutan, bahkan setelah acara gathering selesai. 

 

Baca Juga : Sederet Keterampilan Dasar yang Wajib Dimiliki Karyawan, Apa Saja?

 

7. Karaoke Virtual

Ide  terakhir yang cocok  untuk acara employee gathering virtual adalah karaoke secara virtual atau online. Karaoke virtual merupakan kegiatan yang bagus dan menyenangkan untuk para karyawan. 

Melalui kegiatan ini, karyawan dapat keluar dari zona nyaman dan menunjukkan keberaniannya tampil bernyanyi di depan rekan kerja yang lain. Kegiatan ini bisa dikatakan sebagai cara untuk melatih keberanian berbicara dihadapan publik. 

 

Memaksimalkan Pengelolaan Karyawan Menggunakan Software HRD LinovHR

Mengadakan acara employee gathering untuk memperkuat hubungan antar sesama karyawan memang penting, tetapi perusahaan juga perlu berfokus kepada pengelolaan karyawan. Sebab, pengelolaan karyawan bukanlah perkara yang mudah, apalagi jika jumlah karyawan banyak dan data karyawan sangat kompleks. Sehingga perusahaan membutuhkan sistem yang lebih cepat, akurat, dan efektif.

Untuk mengatasi kendala tersebut, kini perusahaan Anda dapat mengandalkan Software HRD dari LinovHR. Dengan menggunakan Software HRD dari LinovHR, pengelolaan karyawan dapat dioptimalisasi sehingga manajemen perusahaan tidak akan kesulitan lagi mengelola data karyawan yang jumlahnya sangat banyak dan kompleks. 

Software HRD dari LinovHR menawarkan berbagai jenis modul dan fitur yang dibutuhkan oleh manajemen perusahaan untuk memaksimalkan pengelolaan karyawan. Modul yang ditawarkan mulai dari 

 

  • Organization Management
  • Personnel Administration
  • Recruitment
  • Payroll
  • Performance Management
  • Time Management
  • Reimbursement
  • Succession Management
  • Loan
  • Employee Self Services
  •  Learning and Development.

 

 

Software HRD dari LinovHR juga mampu membantu perusahaan mengembangkan sumber daya manusia melalui penerapan Human Resource Information System HRIS yang baik, efisien, dan efektif sehingga memudahkan perusahaan dalam mengelola bisnis yang dijalani 

Itulah ulasan singkat mengenai employee gathering secara online. Semoga ulasan di atas dapat membantu!