fitur engagement

Mengenal Fitur Engagement dari LinovHR yang Memudahkan Pengelolaan dan Penilaian Karyawan

Menjadi seorang HR, tidaklah hanya sebatas rekrutmen karyawan saja yang perlu dikerjakan. Namun, penilaian karyawan pun juga perlu dilakukan dengan baik dan juga tepat sehingga proses bisnis pun menjadi lancar. 

Hal ini dikarenakan penilaian karyawan dapat meningkatkan kinerja karyawan yang sekiranya perlu ditingkatkan dan juga dikembangkan sehingga penyelesaian pekerjaan pun menjadi lebih efektif. 

Hal ini tentunya dapat dengan mudah dilakukan apalagi apabila Anda menggunakan perangkat lunak dari LinovHR yang dapat membantu Anda dengan berbagai fitur, mulai dari appraisal atau review, goal management, feedback dan juga engagement.

Pada artikel kali ini, fitur engagement akan diulas secara lebih lengkap dan juga jelas. Sehingga Anda yang berperan sebagai HR di perusahaan pun dapat memahami perihal mudahnya penggunaan software dari LinovHR. Software ini dapat mempraktikkan segala urusan dan juga pekerjaan yang terkait dengan sumber daya manusia.

 

Fungsi Utama Fitur Engagement LinovHR

Fitur engagement yang disediakan oleh software LinovHR dapat membantu para HR untuk mengatur seluruh kegiatan terkait survey dan pulse. Survey dan pulse karyawan yang dinilai ini adalah seberapa sering karyawan terlibat atau berkontribusi di dalam perusahaan dimana ia bekerja. 

Apabila semakin sering survei ini dilakukan maka akan lebih mudah juga bagi HR untuk mengumpulkan informasi yang dibutuhkan dengan tujuan untuk meningkatkan proses keterlibatan karyawan dengan perusahaan.

Karyawan yang semakin sering terlibat dengan perusahaan, maka sudah dipastikan semakin besar juga tenaga dan pikiran yang telah karyawan berikan untuk menjalankan atau menyelesaikan pekerjaannya.

Dengan mengetahui hal ini, HR pun akan lebih mudah memberikan penilaian terkait seberapa besar kontribusi atau keterlibatan karyawan dengan perusahaan.

 

Baca Juga: Apa Perbedaan Work Engagement dan Employee Engagement?

 

HRIS LinovHR: Kelola SDM Secara Holistik

 

performance review

 

Setelah mengetahui apa fungsi dasar dari engagement, Anda juga perlu mengetahui berbagai fitur lainnya yang dapat Anda gunakan untuk memudahkan kinerja Anda sebagai HR dalam hal pengelolaan sumber daya manusia.

Selain fitur engagement, Anda juga akan mendapatkan fitur review atau appraisal yang digunakan untuk melakukan performance appraisal atau mereview seluruh kinerja karyawan di perusahaan.

Proses review ini dilakukan sesuai dengan periode penilaian kinerja karyawan seperti yang sudah ditentukan sendiri. Terdapat berbagai macam tipe review, diantaranya Self Review, Manager Review, Subordinate Review, dll.

Fitur selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah Goals dan KPI yang merupakan fitur untuk menentukan dan juga mengetahui sejauh mana kemajuan yang dicapai perusahaan dalam mencapai tujuannya.

Serta melakukan penilaian hasil kerja karyawan yang dilakukan sebagai cara untuk dapat membantu setiap karyawan untuk mengetahui apa yang telah dan sedang mereka kerjakan agar dapat semakin berkembang.

Tidak sampai sini saja, Anda juga bisa mendapatkan fitur result yang berguna untuk melihat hasil performance review dari setiap individu, divisi maupun departemen kerja.

Setiap result memiliki score performance dengan range yang beragam dan terbagi menjadi 5 macam, yaitu:

Distraction (0 s/d 0.9)

Under Performance (1.0 s/d 1.9)

Contributor (2.0 s/d 2.9)

Achiever (3.0 s/d 3.9)

Rockstar (4.0 s.d. 5.0)

 

Selanjutnya, ada fitur Balanced Scorecard yang gunanya untuk memperbaiki sistem pengukuran kinerja eksekutif. Pengukuran ini dapat mengetahui sejauh mana  perkembangan dan juga pencapaian para karyawan. 

Fitur terakhir yang bisa didapatkan pada aplikasi performance management software HRIS dari LinovHR ini adalah feedback. Fitur feedback merupakan fitur yang memberikan kemudahan untuk para karyawan memberikan feedback atau masukan untuk para rekan kerja lainnya atau bahkan untuk dirinya sendiri. 

Performance Feedback memiliki beberapa tipe diantaranya Self Feedback, Manager Feedback, Subordinate Feedback, Peer to Peer Feedback, dll.

Demikianlah hal-hal yang perlu Anda ketahui mengenai fitur engagement dari HRIS software milik LinovHR.

Setelah mengetahui fitur-fitur lainnya yang dapat memudahkan Anda dalam hal pengelolaan karyawan, tentunya kini Anda harus mulai mempertimbangkan untuk menggunakan perangkat lunak dari LinovHR. Perangkat lunak ini dapat membantu pekerjaan HR agar menjadi lebih cepat dan juga anti ribet.