enumerator

Mengenal Enumerator dan Peran Pentingnya dalam Perusahaan

Enumerator menjadi peran penting yang dibutuhkan perusahaan untuk melakukan suatu riset yang dibutuhkan untuk perkembangan bisnis atau perusahaan itu sendiri. Namun tidak semua orang bisa mengerjakan tugas tersebut secara maksimal. Mari simak ulasan di bawah ini untuk informasi lebih lanjut! 

 

Pengertian Enumerator

Enumerator adalah seseorang yang menjalankan tugas untuk mengumpulkan data lapangan yang ditugaskan oleh tim survei. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), enumerator memiliki arti petugas lapangan yang bekerja untuk membantu tim survei dalam pengumpulan data. Istilah lain dari enumerator adalah peneliti survei.

Biasanya profesi ini sering Anda jumpai saat pelaksanaan sensus penduduk. Namun, banyak perusahaan atau badan organisasi yang membutuhkan profesi enumerator untuk keperluan bisnis atau pekerjaan mereka. Maka dari itu, orang yang bekerja pada bidang ini harus bisa melakukan riset sesuai dengan bidang yang sedang diminta.

 

Tanggung Jawab Enumerator

Selain melakukan pencatatan seluruh data hasil survei, terdapat beberapa tugas dan tanggung jawab lain yang harus dipenuhi oleh enumerator.

Apa saja tanggung jawab tersebut?

  1. Mengikuti kegiatan FGD (Forum Group Discussion) tentang topik yang akan diteliti
  2. Membuat TOR (Term Of Reference) agar kegiatan penelitian lebih terarah.
  3. Meminta data individu secara spesifik yang terdiri dari nama, umur, agama, alamat rumah.
  4. Melakukan dan memandu kegiatan wawancara survei yang dilakukan di rumah, kantor, atau melalui sambungan telepon atau pesan singkat.
  5. Mengumpulkan, mencatat, dan menyamakan informasi dari survei.
  6. Memahami dan memberi penjelasan tentang topik permasalahan untuk mendapatkan data.
  7. Menyerahkan hasil survei kepada supervisor dan mendiskusikannya.
  8. Meninjau kembali hasil data survei apakah sudah diisi secara lengkap dan akurat.
  9. Membantu narasumber untuk mengisi kuesioner.
  10. Menjelaskan hasil penelitian yang telah disetujui oleh supervisor kepada khalayak luas.

 

Baca Juga: Mengenal Tren Trend Human Resources Technology Saat Ini

 

Skill Enumerator

Dari seluruh tanggung jawab yang telah dipaparkan di atas dapat dianalisis bahwa profesi ini akan bertemu dengan banyak orang untuk mendapatkan data yang valid. Lalu, apa saja skill yang harus dimilikinya? 

Jika Anda berminat untuk bekerja pada bidang tersebut, pastikan Anda memiliki skill di bawah ini!

 

Kemampuan Menganalisis yang Kuat

Dari banyaknya data yang terkumpul, enumerator harus menganalisis, menentukan, dan menyaring seluruh hasil data survei yang nanti akan digunakan agar mendapatkan tujuan penelitian yang diinginkan.

Sehingga hasil tersebut dapat dibahas untuk menemukan inti permasalahan dari penelitian dan menemukan solusinya.

 

Memiliki Jiwa Sosial yang Tinggi

Enumerator adalah orang yang bekerja untuk menghubungkan antara riset yang dibutuhkan perusahaan atau organisasi dengan para narasumber. Orang yang akan menjadi narasumbernya pastinya terdiri dari lapisan dan golongan masyarakat yang berbeda-beda. Maka dari itu, Anda harus bisa memiliki jiwa sosial yang tinggi agar narasumber bisa nyaman untuk dimintai wawancara.

 

Komunikasi 

Selain jiwa sosial yang tinggi, Anda juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi dengan banyak orang. Karena nantinya, Anda akan bertemu dengan lapisan masyarakat yang berbeda serta latar belakang mereka yang beragam.

Anda harus bisa menentukan bahasa komunikasi yang sesuai dengan kondisi narasumber. Jika Anda bisa menjalin komunikasi yang baik dengan mereka, maka data dan informasi yang didapatkan juga semakin banyak.

 

Baca Juga: Tips Meningkatkan Skill Komunikasi dalam Tempat Kerja

 

Ketelitian Pada Setiap Detail

Selanjutnya skill yang harus dimiliki adalah ketelitian pada setiap detail rincian penelitian. Pada skill ini, Anda harus bisa mengamati berbagai rincian pada setiap penelitian.

Karena terkadang, jawaban yang diberikan narasumber tidak sesuai dengan tujuan penelitian. Selain itu, isu-isu yang sedang diteliti juga bisa terjadi karena ada beberapa hal yang telah terjadi dan dialami oleh tim riset. Maka dari itu, teliti pada setiap detail proses penelitian dan pengumpulan data menjadi hal yang sangat penting.

 

 

Background Pendidikan yang Selaras

 

Biasanya perusahaan atau lembaga peneliti tidak memberikan spesifikasi khusus untuk menjadi enumerator. Namun, terdapat beberapa jurusan yang dikhususkan atau didahulukan, contohnya adalah jurusan Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Kesejahteraan Sosial, dan jurusan lain yang erat kaitannya dengan masyarakat.

 

Peran Penting dalam Perusahaan

Pekerjaan mengumpulkan data survei ini ternyata memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan, biasanya digunakan untuk mengembangkan bisnis atau produk baru. Pada kasus tersebut, hal terpenting yang akan dilakukan perusahaan adalah mengetahui kebutuhan pasar atau menganalisis bisnis oleh kompetitor.

Agar bisa mewujudkan hal-hal tersebut, perusahaan membutuhkan enumerator untuk melakukan penelitian dan mendapatkan data dari hasil survei.

Misalnya, Perusahaan software akan meluncurkan sebuah aplikasi baru untuk memudahkan pekerjaan karyawan perusahaan. Maka dari itu, mereka harus mengetahui masalah apa yang sering dihadapi, hal apa yang diinginkan, hingga memantau perkembangan bisnis dari kompetitor lain. Semua itu dibutuhkan agar perusahaan bisa membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Untuk mengetahui masalah tersebut, enumerator lah yang akan menjalani tugas tersebut. Mereka akan memahami tujuan dan mencari masalah apa yang akan dihadapi dan selanjutnya akan ditemukan hasil untuk didiskusikan dan menemukan pokok permasalahannya.

Jadi, perusahaan tidak perlu repot untuk terjun langsung ke masyarakat dalam mendapatkan data penelitian. Sehingga, peran enumerator menjadi sangat penting untuk perkembangan bisnis perusahaan.

 

Baca Juga: Procurement: Tugas, Proses, dan Perbedaan dengan Purchasing

 

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat diketahui bahwa enumerator adalah pekerjaan yang bertugas untuk melakukan survei dan meneliti jawaban hasil survei dengan tujuan menemukan inti permasalahan penelitian.

Seorang enumerator akan diminta oleh perusahaan atau organisasi untuk meneliti suatu bidang tertentu. Maka dari itu, skill yang dibutuhkan pada bidang pekerjaan ini adalah bisa berbaur dan berinteraksi pada golongan dan lapisan masyarakat yang berbeda. Jadi, apakah Anda tertarik dengan profesi ini?