program payroll dan pph 21

Alasan Menggunakan Program Payroll dan PPh 21 Khusus HRD

Setiap bulannya setiap perusahaan pasti melakukan perhitungan gaji (payroll) dan pajak penghasilan karyawan (PPh 21). Proses perhitungan payroll dan PPh 21 ini biasanya dikelola oleh departemen SDM atau HRD. Namun, apakah HRD sudah benar-benar melakukan pengelolaan dengan tepat dan efisien? Program Payroll dan PPh 21 mampu menjawabnya.

 

Sekilas Soal Pengelolaan Payroll dan PPh 21

HRD  merupakan pihak yang memiliki wewenang untuk mengelola hal-hal yang terkait dengan administrasi perusahaan. Terdapat dua cara yang dapat dilakukan HRD dalam mengelola payroll dan PPh 21, yakni dengan cara manual atau menggunakan program payroll dan PPh 21. 

Namun, sebagian besar HRD mengatakan bahwa pengelolaan payroll dan PPh 21 secara manual membutuhkan waktu yang lama sehingga membuat pekerjaan lainnya menjadi terhambat. 

Sementara itu, pengelolaan payroll dan PPh 21 yang menggunakan program payroll dapat selesai lebih cepat dan hasilnya pun akurat. Sehingga HRD dapat fokus untuk melakukan pekerjaan lain yang membutuhkan perhatian lebih.

 

Baca Juga: Ingin Menggunakan Aplikasi Daftar Hadir Karyawan? Perhatikan Hal Berikut!

 

Keunggulan Program Payroll dan PPh 21

Program payroll dan PPh 21 merupakan sistem  yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola seluruh catatan keuangan karyawan dengan cara yang lebih mudah dan otomatis. Dengan menggunakan sistem payroll otomatis, proses penggajian dan perhitungan pajak dapat berjalan lebih cepat dan hasilnya akurat. Berikut beberapa keunggulan lainnya:

 

Perhitungan Gaji Jadi Lebih Cepat

Seperti yang diketahui, melakukan perhitungan gaji tidaklah mudah karena membutuhkan keakuratan dan ketelitian yang tinggi. Selain itu, jumlah karyawan yang banyak akan membuat waktu perhitungan gaji jadi lebih lama. Maka dari itu, perusahaan perlu menyiasati hal ini dengan beralih menggunakan sistem payroll dan PPh 21.

Sistem payroll tersebut mampu mengotomatisasikan perhitungan gaji karyawan sehingga hasil perhitungan gaji karyawan dapat selesai tepat waktu dan bisa dikirim langsung ke rekening masing-masing karyawan.

 

Memudahkan Penyimpanan Data Karyawan

Jumlah karyawan yang banyak tidak hanya membuat perusahaan pusing dalam melakukan perhitungan payroll. Namun, juga membuat perusahaan kewalahan ketika dokumen informasi karyawan yang disimpan mulai menumpuk dan memenuhi tempat penyimpanan arsip. Agar penyimpanan data karyawan dapat lebih terorganisir, manajemen perusahaan dapat mengandalkan sistem payroll yang terpusat.

Dengan memanfaatkan sistem payroll dan PPh 21, manajemen perusahaan tidak perlu pusing lagi menyimpan data karyawan yang menggunung. Selain itu, sistem ini juga memudahkan perusahaan dalam mencari atau mengakses data karyawan ketika sedang dibutuhkan. Perusahaan hanya perlu mengetik nama karyawan di kolom pencarian dan program akan menampilkan semua data karyawan yang dicari terkait dengan penggajian. 

 

Data Karyawan Dijamin Aman 

Karyawan merupakan sebuah aset berharga bagi setiap perusahaan. Sama hal nya dengan database seluruh  karyawan, yang dimana sama pentingnya bagi perusahaan sehingga perlu dijaga dengan ketat. Sebab, database karyawan merupakan arsip rahasia perusahaan dan tidak bisa diakses oleh sembarang orang. 

Maka dari itu, program payroll dan PPh 21 hadir untuk membantu perusahaan dalam mengelola penyimpanan database karyawan. Sistem payroll biasanya berbasis cloud sehingga database karyawan dapat disimpan dengan jaminan kerahasiaan dan keamanan  yang tinggi. Selain itu, program ini memungkinkan database hanya dapat diakses oleh pihak-pihak yang berkepentingan di perusahaan, seperti manajer dan HRD.

 

Baca Juga: Apakah Data Karyawan dalam Aplikasi HRD Dijamin Aman? 

 

Memiliki Nilai Kepraktisan yang Tinggi

Jika menggunakan melakukan perhitungan payroll secara  manual, biasanya HRD harus melakukan perhitungan gaji  di kantor karena semua data karyawan yang dibutuhkan disimpan di lemari arsip. Sehingga sistem manual ini kurang efektif dan sama sekali tidak praktis.

Lain halnya dengan sistem program payroll dan PPh 21 yang memiliki tingkat kepraktisan tinggi. HRD dapat melakukan perhitungan gaji karyawan dimana saja, baik di rumah atau di kantor. Sebab, data yang dibutuhkan sudah disimpan secara terpusat di dalam sistem payroll. Sehingga HRD tidak perlu ribet dan pusing lagi mencari database karyawan karena semuanya ada di sistem payroll. 

 

Menghindari Human Error

Kelalaian manusia atau human error merupakan kendala yang kerap terjadi pada kegiatan administrasi dalam suatu perusahaan. Jika dibiarkan terus-menerus, kendala ini dapat menghambat seluruh proses manajemen SDM, seperti  perhitungan gaji atau perhitungan Pajak Penghasilan (PPh 21)

Untuk menghindari kendala tersebut, sebaiknya perusahaan mulai beralih menggunakan sistem payroll dan PPh 21. Sebab, sistem tersebut mampu melakukan perhitungan gaji dan PPh 21 secara akurat dan minim kesalahan. Jadi, kendala human error dapat diminimalisir sedini mungkin. 

 

Itulah beberapa keunggulan dari program payroll dan PPh 21. Jika perusahaan Anda sedang mencari program payroll yang memiliki keunggulan-keunggulan diatas, maka Software HRD dari LinovHR adalah jawabannya. Payroll Software Online LinovHR merupakan perangkat lunak berbasis cloud yang mampu membantu perusahaan Indonesia terkait dengan pengelolaan manajemen SDM. 

Dengan menggunakan software dari LinovHR, proses administrasi dan pengelolaan karyawan dapat terorganisir dengan baik. Hubungi tim LinovHR sekarang juga untuk ingo lengkap mengenai program payroll dan pph 21!