Software Payroll Gratis

Cari Software Payroll Gratis, Memangnya Ada?

Semakin banyak karyawan, semakin sulit juga untuk penghitungan gaji atau payroll. Kesalahan dalam penggajian juga memiliki konsekuensi keuangan yang besar bagi karyawan. Jika Anda mengalami kewalahan dengan konsep payroll manual, sebaiknya menggunakan software untuk memudahkan penggajian karyawan. Saat ini semakin tersebar software payroll yang dapat Anda gunakan, bahkan juga sering dicari software payroll gratis.  

 

Adakah Software Payroll Gratis?

Saat ini semakin banyak software payroll gratis yang beredar di pasaran. Pastinya setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya yang disesuaikan dengan fitur khas dari aplikasinya.

Namun software payroll gratis memiliki kekurangan yang cukup signifikan daripada software payroll premium. Terdapat hal yang perlu dipertimbangkan saat menggunakan software payroll gratis.

 

Fitur Terbatas

Jika ingin mendapatkan fitur yang lengkap, Anda harus berlangganan yang premium. Pastinya karena gratis, akan mendapatkan fitur yang seadanya. Walaupun memang dapat menghitung penggajian, namun tidak sedetail itu.

 

payroll

 

Keamanan Data Tidak Terjamin

Karena menggunakan payroll gratis, keamanan data juga tidak bisa dipastikan terjamin. Banyak yang menggunakan sistem payroll gratis dan data perusahaannya diambil. Padahal data penggajian termasuk data internal perusahaan yang bersifat rahasia.

 

Keamanan Cyber dan Penipuan

Keamanan cyber yang tidak jelas rentan hacker untuk meretas. Dapat terjadi penyalahgunaan wewenang yang menyebabkan kerugian bagi perusahaan. Banyak motif yang dapat digunakan misalnya akan menyebarluaskan data hingga sebagai alat pemerasan dan penipuan.

 

Baca Juga: Fitur Question Bank untuk Mendukung Survei Kepuasan Karyawan

 

Tidak Efisien dalam Segi Waktu

Biasanya yang ditawarkan hanya fitur dasar seperti pajak otomatis, pelacakan cuti, dan lainnya. Tetap saja, harus dihitung manual untuk melengkapi hingga mendapatkan gaji yang sesuai di bulan tersebut. Tidak efisien dalam segi waktu bahkan bisa dianggap bekerja dua kali.

 

Software Payroll Gratis VS Premium Software Payroll

Setelah dipertimbangkan, sebenarnya software payroll gratis lebih cocok digunakan untuk perusahaan dengan karyawan yang sedikit, misalnya masih dalam kategori UKM atau UMKM. dengan penghitungan yang masih dianggap mudah akan sangat terbantu dengan software payroll gratis.

Namun bagi perusahaan dengan karyawan mencapai lebih dari 50, akan sangat sulit. Sebaiknya gunakan software payroll premium yang sudah lengkap.

Ini dia terdapat perbedaan software payroll gratis dan premium

 

Fitur Software Payroll Gratis Software Payroll Premium
Layanan Penggajian
Penghitungan pajak wajib karyawan
Penghitungan potongan cut, izin, dan sakit
Penggajian otomatis bagi karyawan X
Slip gaji otomatis X
Custom Fitur X
Team Support X
Track project dan absensi karyawan X

 

 

Baca Juga: Jenis HRIS Software yang Paling Sering dipakai Perusahaan

 

LinovHR – Software Payroll Fitur Terlengkap

Untuk itu, untuk keamanan data dan efisien waktu lebih baik menggunakan software premium dan yang dapat dijamin softwarenya, yaitu LinovHR.

LinovHR menyediakan software payroll yang dapat dilakukan dengan mudah, efektif, dan akurat! Terdapat beberapa fitur yang akan membantu Anda dalam penghitungan penggajian

 

  1. Data Bank Payroll: adanya fitur ini akan membantu HRD menyimpan data perbankan milik karyawan yang akan digunakan untuk mentransfer gaji
  2. Payment method : fitur yang dapat menyimpan seluruh metode pembayaran dalam transaksi finansial perusahaan bagi karyawan.
  3. Account code : dengan adanya kode unik dapat memudahkan dalam pengelompokan payroll sesuai dengan jenisnya dan dapat dilacak dengan mudah
  4. Payroll component : memberikan penjelasan terkait payroll yang diterima karyawan seperti gaji pokok, tunjangan, asuransi, bonus hingga jaminan pensiun
  5. Payroll group : pengelompokan payroll yang dapat diatur sesuai dengan tanggal, currency, dan metode yang digunakan
  6. Employee set : fitur yang memudahkan tim HR dan Payroll untuk melacak karyawan yang sudah menerima gaji pokok atau lainnya dari perusahaan
  7. Payroll process : dalam fitur ini menjelaskan proses penggajian dalam 4 proses yaitu standard, THR, Severance, dan Rapel
  8. e-Payroll : sebagai fitur report payroll yang dapat dilihat dan diunduh dalam smartphone atau laptop Anda
  9. Salary slip : fitur yang menawarkan pembuatan slip gaji sesuai dengan tahun dan periode yang Anda butuhkan dalam bentuk file PDF
  10. Tax calculator : fitur ini membantu Anda Untuk melacak pembayaran pajak tahunan selama ini

 

Software payroll gratis memang ada dan banyak dalam internet, namun lebih baik gunakan yang aman. Riset terlebih dahulu sebelum memilih dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Lantas, apakah Anda ingin tahu lebih banyak mengenai Software Payroll  dari LinovHR?

Klik tautan berikut dan konsultasikan kebutuhan perusahaan Anda bersama tim kami!