software gaji

Masih Ragu Pakai Software Gaji? Kenali 5 Keunggulan Software Gaji untuk Perusahaan

Proses penggajian karyawan bukan hal yang asing lagi dalam perusahaan. Jika jumlah karyawan dalam perusahaan cukup banyak, pengelolaan gaji biasanya akan mengalami beberapa kendala seperti salah hitung pajak penghasilan dan komponen gaji yang tertukar mengingat jumlah komponen penggajian juga tergolong cukup banyak. Maka tidak heran jika perusahaan mulai beralih ke software gaji untuk membantu pengelolaan gaji bulanan. 

Walau demikian, tidak semua perusahaan menyadari betapa pentingnya pengelolaan gaji menggunakan software. Banyak perusahaan justru enggan menggunakan software untuk mengelola gaji karena dinilai rumit dan memakan biaya lebih besar. 

LinovHR menyediakan modul payroll dalam Software HRD untuk memudahkan penggajian perusahaan Anda. Klik tautan berikut untuk mengajukan demo modul payroll! 

Apakah benar demikian? Untuk lebih jelasnya, mari simak uraian keunggulan software gaji berikut ini! 

 

Proses Akurat dan Cepat

Keunggulan pertama dari software khusus untuk mengelola gaji atau payroll adalah proses perhitungan yang cepat dan akurat, karena didukung oleh otomatisasi sistem. HR payroll bisa memproses gaji untuk banyak karyawan dalam waktu serentak. Keunggulan yang satu ini dapat meminimalisir kesalahan dalam penggajian manual seperti telat kirim gaji ke karyawan atau salah hitung pajak penghasilan. 

 

Mampu Menyimpan Banyak Informasi

Informasi dari berbagai karyawan cukup merepotkan untuk dikelola dengan cara manual. HRD pun harus membuka berlembar-lembar dokumen untuk mencari suatu informasi. Jika sudah begini, perusahaan perlu melakukan berbagai cara untuk menyederhanakan sistem penyimpanan data karyawan terkait penggajian. 

Untungnya, software pengelola gaji mampu menyimpan informasi karyawan terkait penggajian seperti jabatan dan posisi, lama waktu bekerja, status kehadiran, tunjangan, dan lain-lain. Informasi tersebut juga dapat dikelompokkan untuk memudahkan HR payroll dalam mengaksesnya di kemudian hari. 

 

Baca Juga: Hal yang Harus dipertimbangakan Sebelum Menaikkan Gaji Karyawan! 

 

Dijamin Aman

Sudah menjadi rahasia umum jika informasi karyawan rentan dimanipulasi dan disalahgunakan untuk oknum tertentu. Di samping itu, informasi gaji karyawan yang bocor dalam ruang lingkup internal perusahaan juga bisa memantik konflik internal. Software khusus untuk gaji atau payroll karyawan akan mampu menyimpan semua informasi gaji karyawan dalam satu database. Yang dapat mengakses database hanya pihak dengan username dan password khusus seperti pimpinan perusahaan dan staf Human Resource Department (HRD). 

 

Laporan dan Slip Gaji Otomatis

Selanjutnya, perusahaan juga dapat memproses laporan dan slip gaji otomatis. Laporan penggajian akan digunakan untuk perancangan strategi soal pengelolaan karyawan. Sementara itu, karena slip gaji bisa diproses otomatis, karyawan tidak perlu menunggu lama ketika mengajukan slip gaji kepada HRD. Kinerja HRD pun bisa lebih efektif dan efisien. 

 

Terintegrasi dengan Sistem Kehadiran

Data kehadiran karyawan akan digunakan untuk pengelolaan gaji karyawan, contohnya dalam lembur dan tunjangan kehadiran. Software khusus untuk mengelola gaji karyawan akan terkoneksi dengan sistem kehadiran, sehingga HRD tidak perlu lagi men-input data kehadiran karyawan ke dalam sistem tiap bulannya. Kemudian, software gaji akan menggunakan komponen kehadiran karyawan untuk menghitung bagian dari gaji karyawan yakni uang lembur dan tunjangan kehadiran. 

 

Baca Juga: Apakah Perusahaan Wajib Memberikan Tunjangan Makan Kepada Karyawan? 

 

Hemat Waktu dan Biaya

Bayangkan jika perusahaan harus menghitung menggunakan cara manual, padahal jumlah karyawan sangat banyak. Belum lagi komponen gaji karyawan yang cukup beragam untuk satu karyawan. Akan tetapi, HR payroll bisa bernapas lega karena proses menghitung gaji menggunakan software jauh lebih cepat dan tidak membutuhkan berlembar-lembar kertas! 

Alhasil, penggunaan software gaji bisa menghemat waktu dan gaji. 

Khusus untuk biaya implementasi dari software ini, ada banyak vendor yang menawarkan biaya berlangganan. Sebenarnya perusahaan tinggal menyesuaikan kebutuhan dan jumlah karyawan di dalamnya. 

 

Software pengelola gaji dari LinovHR merupakan inovasi bagi proses pengelolaan gaji yang efektif, cepat, dan efisien. LinovHR menawarkan fitur yang lengkap dan tampilan yang canggih agar HRD dalam perusahaan Anda bisa cepat beradaptasi dalam menggunakan software. Bisa dikatakan, software untuk mengelola payroll dapat meringankan beban kerja HRD sehingga HRD mampu fokus mengerjakan tugas analisis seperti penilaian kinerja yang memakan fokus lebih dalam. 

Setelah menyimak ulasan singkat mengenai keunggulan software gaji di atas, apakah sudah terbayang keunggulan dari LinovHR? Segera jadwalkan demo Software dengan hubungi tim LinovHR berikut ini!