Categories: People DevPerformance

Strategi Mentoring untuk Peningkatan Kemampuan Karyawan

Mentoring banyak didengar di berbagai aspek kehidupan. Umumnya mentor mempunyai kelebihan yang lebih dalam dibandingkan mentee atau orang yang dilatih. Dalam dunia kerja dan perusahaan, istilah ini bukanlah hal yang baru. Apa sebenarnya mentoring dan mengapa perusahaan perlu mengadakan mentoring?

LinovHR menyediakan modul learning and development melalui Software HRD yang akan membantu berjalannya program mentorship.

Seperti apa detailnya? Simak pembahasan lengkap tentang melakukan strategi mentoring LinovHR di bawah ini!

Pengertian Mentoring

Sebelum masuk ke penjelasan lebih jauh, ada baiknya memahami apa pengertian mentoring menurut beberapa ahli.

  1. Kasper (2002) menjabarkan mentoring sebagai hubungan khusus berkaitan dengan monitoring, saling mendukung (partnership) antara dua individu yang didasari kepercayaan dan rasa saling menghargai.
  2. Sementara menurut Anderson dan Shannon (1998), mentoring merupakan tahapan di mana individu dengan berbagai kemampuan dan pengalaman berperan sebagai pendidik dan teman untuk seseorang yang mempunyai kemampuan dan pengalaman lebih rendah.
  3. Zachary (2005) menuturkan bahwa mentoring merupakan relasi pengajaran timbal balik dan bersifat kolaboratif bersama dua orang atau lebih yang memiliki tanggung jawab untuk membantu orang dengan kemampuan lebih rendah dalam mencapai sasaran pembelajaran tertentu.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa mentoring adalah sebuah proses atau metode pembelajaran yang didasari oleh kepercayaan. Seorang mentor yang lebih dulu berpengalaman dan handal dalam suatu bidang akan mendidik atau mengajar seorang mentee yang mempunyai pengalaman lebih rendah. Tujuan utama dari pembelajaran ini adalah transfer skills dan knowledge yang membuat mentee mempunyai kemampuan lebih, sehingga dapat bekerja lebih baik di perusahaan.

Manfaat Program Mentoring dalam Perusahaan

Tujuan utama dari program mentoring adalah transfer knowledge dan skills agar karyawan yang belum memiliki kemampuan expert menjadi lebih handal dan terampil di bidang tertentu.

Tentu saja ada manfaat yang muncul dengan adanya program pembelajaran ini. Apa saja manfaatnya?

Menaikan Tingkat Produktivitas

Karyawan bisa merasa kewalahan di dunia kerja, terutama karyawan baru atau fresh graduate. Hal ini disebabkan karyawan baru belum sepenuhnya memahami culture dan pola kerja yang berlaku di perusahaan. Namun, ketika karyawan telah menjalani program pembelajaran oleh seorang mentor, karyawan baru dapat secara perlahan mempelajari bagaimana pola kerja di perusahaan dan bagaimana cara penyelesaian jika muncul masalah.  Dengan begitu karyawan baru dapat bekerja lebih produktif.

Membangun Keragaman

Dalam upaya untuk menyamakan kedudukan dengan berbagi pendapat, pengetahuan dan ide, program mentorship dapat membantu meningkatkan keberagaman atau diversity dalam perusahaan. Peranan diversity dalam sebuah tim sangatlah penting untuk menciptakan budaya kerja yang sehat dan membangun satu sama lain karena semua orang diterima dan diperlakukan dengan baik tanpa memperdulikan latar belakang tertentu.

Mengurangi Stres dan Kecemasan

Faktanya, stress menjadi salah satu pemicu menurunnya kualitas kerja.  Program mentorship dapat membantu memberikan gambaran yang lebih luas kepada karyawan. Gambaran tersebut akan membantu karyawan untuk memahami apa saja resiko dari sebuah tugas atau proyek termasuk bagaimana menanganinya ketika gagal atau ditemukan ada masalah. Jadi ketika masalah muncul, karyawan dapat dengan tenang menangani dan memperbaiki masalah yang ada dan menurunkan tingkat stress.

Menciptakan Culture Learning

Culture learning atau budaya pembelajaran dapat membantu pengembangan karir. Karyawan lebih termotivasi dengan pembelajaran secara kontinu yang akan membantu mereka mencapai jenjang karir tertentu. Selain itu, program mentorship juga dapat membangun pondasi knowledge management yang lebih kokoh sehingga perusahaan mampu mengintegrasikan seluruh kemampuan dan knowledge untuk operasional yang lebih kreatif dan inovatif.

Meningkatkan Kepuasan Kerja dan Retensi Karyawan

Sebuah journal dari Plastic Surgery Nurse Journal dan dipublish di publmed.gov mengenai mentoring yang menyebutkan bahwa hubungan atau relasi positif antara mentor dan mentee yang positif dapat meningkatkan kepuasan kerja dan mengurangi tingkat employee turnover.

Sebab, hubungan mentor dan mentee yang baik akan memberikan lingkungan yang positif dan mengarah pada peningkatan kepuasan kerja serta peningkatan retensi.

Rancang Strategi Program Mentoring Dengan LinovHR

Program mentorship dalam perusahaan merupakan bagian dari pelatihan dan pengembangan yang melibatkan mentor, mentee, dan Human Resource Departement (HRD). Peranan HRD dalam hal ini sangatlah penting.

HRD harus mampu merumuskan guidelines yang jelas mengenai hal apa saja yang harus dipelajari, durasi program, sesi pembelajaran, anggaran, dan outcomes atau hasil yang diharapkan dari mentee. Semua itu harus disusun secara sistematis dan detail agar program mentorship dapat berjalan lancar.

Baca Juga : Cara Efektif Menerapkan Sistem Level Grade

Software HRD dari LinovHR menyediakan modul learning and development untuk membantu HRD merumuskan program pembelajaran yang komprehensif. Adapun yang dapat dilakukan oleh modul learning and development dari Software HRD LinovHR adalah:

1. Menyusun Learning Task

HRD perlu menyusun hal-hal apa saja yang harus diajarkan oleh mentor kepada mentee agar pembelajaran mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Fitur learning checklist dapat membantu HRD untuk membuat daftar learning task apa saja yang perlu diajarkan kepada mentee beserta tenggat waktunya.

2. Mengkalkulasikan Anggaran

Setiap program yang berjalan pasti memerlukan anggaran khusus yang harus dikeluarkan. Agar pengeluaran tidak membengkak, HRD dapat mengkalkulasi estimasi anggaran menggunakan fitur budget calculation. Untuk memilih cara hitung anggaran, gunakan fitur budget calculation setup.

3. Mengelompokkan Pelatihan dan Pengembangan Berdasarkan Anggaran

HRD juga dapat mengelompokkan jenis pelatihan dan pengembangan berdasarkan anggaran menggunakan fitur budget group. Pengelompokkan ini berguna untuk analisis dan evaluasi anggaran yang telah ditetapkan.

4. Menentukan Periode Program

Penentuan periode berguna agar setiap program mempunyai batas akhir darn dapat dievaluasi perkembangannya. HRD bisa menentukan periode pelatihan dan anggaran yang telah ditetapkan menggunakan development period. Sementara khusus untuk program yang mempunyai beberapa sesi, fitur session dapat membantu HRD untuk menentukan sesi dari setiap program.

5. Mengelola Program Pelatihan dan Pengembangan

Fitur development activity membantu HRD dalam mengelola berbagai program pelatihan dan pengembangan karyawan seperti jenis, daftar karyawan yang wajib mengikuti program, serta membantu mengukur skill dan kompetensi yang harus dikuasai karyawan sebagai seorang mentee.

6. Merangkum Hasil Program Mentorship

Merangkum hasil mentorship dibutuhkan untuk mengetahui bagaimana progress pelatihan dan pengembangan yang telah berlalu berikut hasilnya. untuk  memudahkan membuat rangkuman, HRD dapat menggunakan fitur activity catalog yang berguna untuk merangkum hasil dari pelatihan serta melakukan estimasi total biaya yang sudah dikeluarkan.

Mentoring adalah satu dari sekian banyak jenis program pelatihan dan pengembangan karyawan. Pengembangan kemampuan karyawan internal merupakan aspek penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan selain inti bisnis. Sebab, kualitas karyawan ditentukan dari program pelatihan dan pengembangan apa saja yang telah diselenggarakan perusahaan.

LinovHR membantu HRD dan perusahaan untuk mewujudkan program mentoring yang sukses dan tepat sasaran dengan berbagai macam fitur canggih. Program mentoring yang sukses akan membuat karyawan lebih terampil serta menciptakan lingkungan perusahaan yang mempunyai daya saing tinggi. Dapatkan demo gratis dari LinovHR dengan klik tautan berikut ini!

Admin LinovHR

Recent Posts

Memilih Jasa Perpajakan untuk Konsultasi Masalah Pajak

Jasa perpajakan merupakan orang yang sudah profesional untuk melakukan segala sesuatu yang berhubungan dengan pajak…

1 hari ago

9 Strategi Manajemen SDM Paling Ampuh 2021

Strategi manajemen SDM dalam perusahaan mengalami perubahan pada tiap tahunnya. Perubahan ini dilakukan akibat perusahaan…

1 hari ago

Tips HR: Kiat Meningkatkan Monitoring dan Evaluasi Kinerja

Monitoring dan evaluasi adalah dua hal yang saling berkaitan untuk meningkatkan kinerja karyawan. Pengawasan terhadap…

2 hari ago

Tingkatkan Performa Melalui Performance Improvement Plan

Guna meningkatkan produktivitas dan kinerja, perusahaan akan melakukan hal apapun. Salah satunya melalui Performance Improvement…

2 hari ago

Tahapan Studi Kelayakan Usaha & Contoh

Guna membangun usaha atau bisnis yang menguntungkan, Anda perlu melakukan berbagai riset dan pengembangan. Salah…

3 hari ago

Cara Membuat Program Training Karyawan ala LinovHR

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan performa dan skill karyawan adalah mengadakan program training. Namun…

3 hari ago