Apa itu Internship? Ini Peraturan dan Daftar Perusahaan yang Mengadakannya

Saat ini, program internship atau magang merupakan salah satu terobosan banyak perusahaan untuk mendapatkan calon karyawan dengan potensi terbaik. Melalui program magang ini, pekerja dapat memiliki kesempatan untuk mengembangkan jenjang karir, serta mempelajari berbagai keahlian baru. Pada artikel ini, LinovHR akan mengulas informasi mengenai regulasi internship dan daftar perusahaan yang menyelenggarakannya. 

 

 

Apa itu Internship?

Internship adalah sebuah program kerja jangka pendek yang ditawarkan oleh perusahaan untuk berbagai kalangan biasanya mahasiswa atau lulusan baru. Tujuan utama program ini adalah memberikan pengalaman kerja khusus tingkat pemula (entry level) dalam industri tertentu yang berkaitan dengan bidang studi mereka.

Idealnya pekerja magang menghabiskan waktu mereka untuk mengerjakan proyek yang relevan, belajar langsung di lapangan, membuat koneksi, dan mengembangkan hard skills maupun soft skills. Program magang memberikan kesempatan kepada siswa untuk pengembangan karir dan mempelajari keterampilan baru. Sedangkan, manfaat bagi perusahaan adalah memberi kesempatan untuk membawa ide dan energi baru ke tempat kerja. 

 

Regulasi Tentang Program Internship di Indonesia

Program magang ini diatur dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan No.13 Tahun 2003. Di dalam UU Ketenagakerjaan, program magang merupakan bagian dari sistem pelatihan kerja sebagaimana yang tercantum dalam Pasal 1 Angka 1 UU Ketenagakerjaan.

Sedangkan, Pasal 22 ayat (1) dan (2) UU Ketenagakerjaan memuat tentang perjanjian antara pekerja magang dengan perusahaan. Perjanjian harus dibuat secara tertulis dan disepakati oleh kedua belah pihak. Dalam perjanjian tertulis tersebut harus dimuat beberapa hal berikut:

 

  1. Hak dan kewajiban peserta magang dan pemberi tempat magang
  2. Jangka waktu program magang

 

Selain diatur dalam perundang-undangan, program magang juga diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 36 Tahun 2016 mengenai Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri. Dalam peraturan tersebut, tercantum beberapa hal yang berhubungan dengan program magang, seperti:

 

  1. Hak dan kewajiban pekerja magang
  2. Hak dan kewajiban pemberi tempat magang
  3. Program pemagangan
  4. Besarnya upah atau uang saku pekerja magang

 

Kenapa Harus Ikut Program Internship?

Program magang  merupakan hal yang sangat penting bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan yang telah dipelajari selama kuliah ke dunia kerja yang sesungguhnya. Berikut beberapa alasan lain mengapa Anda harus ikut program magang:

 

Penerapan Pendidikan dan Eksplorasi Karir

Program magang adalah salah satu cara efektif untuk menerapkan pengetahuan yang didapat di kelas ke dunia kerja secara nyata. Dengan menerapkan apa yang Anda pelajari ke dunia kerja dapat membawa Anda untuk mengeksplorasi berbagai jalur karir dan spesialisasi yang sesuai dengan minat individu.

 

Mendapatkan Pengalaman dan Meningkatkan Daya Jual

Mengikuti program magang dapat memberikan Anda pengalaman di bidang karir yang ingin dikejar. Pengalaman magang akan membuat Anda lebih unggul dibandingkan kandidat lain saat melamar pekerjaan dan meningkatkan kepercayaan diri dalam pekerjaan.

 

Membangun Networking

Dengan mengikuti program magang, Anda akan memiliki kesempatan untuk membangun networking (jaringan) profesional. Program magang menyediakan lingkungan yang baik untuk bertemu para profesional di bidang karir yang ingin Anda kejar. 

 

Baca Juga: Cara Membangun Networking di Dunia Kerja

 

Menumbuhkan Karakter

Magang tidak hanya membantu mengembangkan profesionalisme Anda, tetapi juga dapat mendorong pertumbuhan karakter. Bahkan, sebagian perusahaan lebih menghargai kualitas pribadi daripada pengetahuan profesional dalam pekerjaan.

Karakteristik seperti integritas, komitmen, dan motivasi diri adalah beberapa sifat yang dipelajari melalui program magang. Program magang adalah wadah yang tepat untuk belajar, mengembangkan keterampilan dan tubuh secara pribadi.

 

Membangun Resume

Sebagian besar perusahaan, menginginkan calon karyawan yang memiliki pengalaman profesional, bahkan untuk pekerjaan entry level (tingkat pemula). Dengan memiliki pengalaman magang, kemungkinan Anda diterima saat melamar pekerjaan akan lebih besar. Jadi, pastikan Anda memiliki setidaknya satu pengalaman magang di resume Anda sebelum lulus kuliah.

 

Baca Juga: Inilah Perbedaan CV dan Resume yang Harus Anda Pahami!

 

Daftar Perusahaan Populer yang Sering Mengadakan Internship

Saat ini, program magang banyak diselenggarakan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Sebab, program magang memberikan banyak manfaat kepada perusahaan khususnya energi dan ide baru. Berikut beberapa perusahaan swasta dan BUMN yang menawarkan program magang kerja, antara lain:

 

Unilever Internship

Perusahaan ini cukup familiar di kalangan masyarakat karena produk-produk yang dihasilkannya. Perusahaan  multinasional ini membuka lowongan di bidang Marketing, Supply Chain, Finance, Business Development, dan Human Resources.

 

Internship Pertamina

PT. Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN di Indonesia yang bergerak di industri minyak dan gas bumi. Pertamina menawarkan program magang untuk lulusan S1 perguruan tinggi. 

 

Shopee Internship

Shopee merupakan e-commerce asal Singapura yang memiliki banyak cabang di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Shopee menawarkan program magang sepanjang tahun untuk lulusan D1, S1, dan S2. 

 

Gojek Internship

Gojek Indonesia merupakan perusahaan yang menawarkan layanan atau jasa di bidang transportasi. Gojek juga membuka program magang selama 3 bulan untuk para mahasiswa maupun lulusan baru, khususnya pada bidang teknologi informasi, pengembangan bisnis (business development), hingga pengelolaan data.

 

Traveloka Internship

Traveloka merupakan perusahaan yang menawarkan jasa untuk pemesanan layanan tiket hotel dan transportasi. Traveloka menawarkan dua program magang yakni Student Internship Program dan Professional Internship Program. 

 

Telkom Internship

PT. Telkom merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi komunikasi dan informasi. Telkom memberi kesempatan bagi mahasiswa yang ingin melakukan penelitian atau mendukung program kerja di lingkungan bisnis selama 6 bulan hingga 1 tahun. 

 

Contoh Cover Letter Khusus Internship

Bagi Anda yang ingin mengikuti program magang di perusahaan, salah satu hal yang wajib Anda persiapkan adalah Cover Letter Internship. Perlu diketahui, cover letter merupakan surat pengantar lamaran kerja yang dikirim bersama CV saat Anda melamar pekerjaan. Cover letter berisikan pengenalan pribadi dan membantu CV Anda dilirik oleh HRD. Berikut contoh cover letter yang benar.

 

contoh cover letter intern

 

Kelola Program Internship dengan Sistem HRIS LinovHR

Magang merupakan sebuah program yang bagus dan memiliki banyak manfaat, bai bagi pekerja maupun perusahaan. Melalui program magang ini, perusahaan dapat memperoleh energi, ide-ide, dan sudut pandang yang baru. Selain itu, perusahaan juga dapat mencetak karyawan dengan potensi terbaik melalui program magang ini.

Untuk membuat program magang, HRD membutuhkan sistem yang modern dan terintegrasi sehingga memudahkan pengelolaan program. Sistem HRIS dari LinovHR dapat membantu HRD dalam mengelola program magang menjadi lebih efektif, mudah, dan efisien.

 

software hris

 

Sistem HRIS dari LinovHR sudah berbasis online dan terintegrasi sehingga memudahkan HRD dalam melakukan tanggung jawab pekerjaannya. Tak hanya itu, sistem HRIS dari LinovHR memiliki tingkat keamanan yang terjamin sehingga perusahaan tidak perlu khawatir database karyawan sampai bocor ke ranah publik.

Penasaran bagaimana kerja dari sistem HRIS LinovHR dalam mengelola berbagai posisi di perusahaan termasuk internship? Hubungi tim layanan kami dan ajukan demo bersama tim kami.