E Kinerja: Solusi Jitu dalam Memantau Performa Karyawan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

aplikasi e kinerja
Isi Artikel

Aplikasi e kinerja merupakan sebuah sistem berbasis teknologi digital yang digunakan untuk membantu perusahaan dalam memantau dan mengelola kinerja karyawan. 

Hal ini akan membantu perusahaan dalam melakukan pengukuran kinerja, membuat laporan kinerja, dan membantu perusahaan dalam memberikan reward bagi karyawan dengan performa terbaik.

Agar Anda dapat mengetahui lebih jelas mengenai aplikasi ini. Berikut artikel dari LinovHR menjelaskan mengenai aplikasi e kinerja dalam memantau kinerja karyawan di perusahaan. Simak selengkapnya di bawah ini ya!

 

Apa Itu Aplikasi E Kinerja?

Aplikasi Absensi Online
E-Kinerja LinovESS

 

Aplikasi e kinerja merupakan sistem yang secara elektronik memonitor dan mengevaluasi kinerja karyawan. Penggunaan aplikasi ini dapat membantu perusahaan melakukan review kinerja karyawan di perusahaan secara lebih efektif dan efisien.

Dalam aplikasi e kinerja, karyawan dapat memasukkan tujuan dan ukuran kinerja yang disepakati dengan manajernya. Selain itu, karyawan dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk melaporkan kinerja mereka secara berkala.

Dengan bantuan aplikasi e kinerja, pihak manajemen perusahaan juga dapat memberikan feedback yang lebih detail dan terstruktur atas kinerja karyawan serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan kinerja di masa mendatang. 

Selain itu, program ini juga memungkinkan manajer untuk memberikan penghargaan atau hadiah kepada karyawan yang mencapai target kinerja.

 

Baca Juga: Bagaimana Aplikasi Kinerja Meningkatkan Produktivitas Karyawan

 

5 Tahap dalam Aplikasi E Kinerja

E kinerja adalah suatu sistem kinerja karyawan yang telah dikembangkan dalam bentuk aplikasi berbasis teknologi digital. Ada 5 tahap dalam aplikasi ini yang perlu Anda ketahui, berikut di antaranya:

  • Planning. Tahapan ini merupakan proses perencanaan, di mana perusahaan perlu memahami deskripsi pekerjaan karyawan kemudian menetapkan tujuan dan sasaran yang tepat bagi strategi perusahaan.
  • Monitoring. Tahapan ini merupakan tahapan pemantauan, di mana perusahaan menerapkan sebuah metode untuk melacak kinerja karyawan secara real time.
  • Reviewing. Tahapan ini adalah tahapan peninjauan, di mana perusahaan melakukan penilaian secara rutin terhadap kinerja karyawan secara keseluruhan.
  • Improving. Tahapan ini digunakan untuk membuat suatu perencanaan untuk mengatasi masalah kinerja karyawan
  • Measurement. Tahapan terakhir adalah tahap pengukuran. Perusahaan perlu mengumpulkan data yang diperlukan untuk mengambil keputusan terkait kinerja karyawan.

 

Manfaat dari Aplikasi E Kinerja

Aplikasi e kinerja akan memberikan manfaat yang signifikan dalam pengukuran dan evaluasi kinerja karyawan di perusahaan. Adapun manfaat dari aplikasi ini adalah sebagai berikut:

 

1. Membantu dalam Memahami Struktur Organisasi

Memahami struktur organisasi adalah langkah pertama untuk memilih sistem manajemen kinerja. Anda dapat mengidentifikasi berbagai departemen dan tim, serta keseluruhan karyawan yang kinerjanya perlu ditingkatkan. Dari sini Anda bisa menentukan sistem mana yang paling tepat diterapkan.

Selain itu, memahami struktur organisasi ini juga akan membantu para pemimpin untuk menentukan ruang lingkup yang diperlukan dari software kinerja.

Sehingga pihak manajemen dapat memperhitungkan dengan akurat potensi karyawan tambahan yang diperlukan di perusahaan.

 

2. Membantu Menentukan Visi Perusahaan

Dengan menggunakan aplikasi e kinerja, perusahaan bisa menentukan visi misi perusahaan dengan mudah dan praktis.

Karena, di dalam aplikasi tersebut perusahaan bisa menentukan nilai-nilai apa saja yang perlu ditingkatkan dalam keperluan bisnis. Sehingga hal tersebut bisa membantu bisnis dalam meraih keuntungan.

 

3. Efisiensi Waktu dan Biaya

Dalam aplikasi e kinerja, seluruh proses evaluasi kinerja karyawan dapat dilakukan secara digitalisasi.

Hal ini memungkinkan penghematan waktu dan biaya yang diperlukan saat mengevaluasi kinerja karyawan, misalnya penghematan penggunaan kertas dalam evaluasi kinerja, pengiriman dokumen dan lain-lain.

 

Aplikasi E Kinerja LinovHR Bantu Perusahaan Monitoring Karyawan

 

performance review

 

Aplikasi e kinerja menjadi bagian penting perusahaan untuk memonitoring performa dan pencapaian karyawan.

LinovHR adalah salah satu aplikasi e kinerja yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola kinerja karyawan secara lebih efektif dan efisien. 

 

Di dalam aplikasi e kinerja yang terdapat pada Software HRIS LinovHR, dilengkapi dengan berbagai fitur yang memungkinkan perusahaan untuk memantau kinerja karyawan secara real time, membuat laporan kinerja, serta memberikan reward kepada karyawan yang memiliki kinerja di atas rata-rata.

Ini bisa Anda temukan dalam Software Performance Management LinovHR yang dapat membantu perusahaan dalam melakukan penilaian kinerja karyawan. Hal tersebut juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. 

Penilaian kinerja dapat dilakukan secara berkala, sehingga perusahaan dapat mengetahui secara akurat kinerja karyawan selama periode tertentu.  

 

Selain itu, modul Performance Management LinovHR ini juga dilengkapi dengan fitur Feedback yang digunakan untuk memberikan umpan balik atau ulasan kepada rekan kerja, manajer bahkan untuk karyawan itu sendiri.

Nantinya, setiap karyawan dapat mengisi pencapaian mereka secara mandiri sesuai dengan KPI yang telah ditetapkan melalui Aplikasi Employee Self Service. Hasilnya nanti akan bisa terlihat dalam dashboard Software Performance Management.

Dari sini, Software Performance akan melakukan analisis untuk menilai kinerja karyawan.

Dengan menggunakan Software HRIS Indonesia LinovHR, perusahaan dapat memonitor kinerja karyawan dengan lebih efektif dan efisien. Aplikasi ini dapat meningkatkan transparansi dalam proses manajemen kinerja, sehingga perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja.

 

Tunggu apa lagi? Ayo beralih menggunakan Software HRIS LinovHR sekarang juga!

 

Tentang Penulis

Sasa Karyono
Sasa Karyono

SEO specialist yang mengombinasikan antara pengoptimasian situs web dan membagikan wawasan HRD melalui artikel lengkap dan menarik. Follow her on Linkedin.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Sasa Karyono
Sasa Karyono

SEO specialist yang mengombinasikan antara pengoptimasian situs web dan membagikan wawasan HRD melalui artikel lengkap dan menarik. Follow her on Linkedin.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter