personal branding

Personal Branding: Arti, Manfaat, dan Strategi Membangunnya

Pernahkah Anda mendengar perihal personal branding? Jika sudah mengenalinya, apakah Anda mengetahui mengenai hal-hal yang terkait dengan personal branding itu sendiri? 

 

 

Bila diperhatikan dalam beberapa generasi belakangan ini, tidak hanya untuk bisnis, Anda juga dapat melihat bahwa hampir semua hal dapat memiliki personal branding, mulai dari selebriti, hingga partai politik.

Memang bagi beberapa orang hal ini sudah sangat familiar karena sangat berkaitan dengan identitas yang dimilikinya. Namun bagi yang belum mengenalinya, sebenarnya apa yang benar-benar dimaksud dengan istilah personal branding?

 

Apa Itu Personal Branding?

Personal branding adalah semua hal mengenai membangun reputasi dan menciptakan citra diri Anda untuk target audiens Anda di dunia luar.

Pada dasarnya, personal branding merupakan kisah yang menceritakan tentang Anda secara general sebagai sebuah brand. Branding berfokus pada cara Anda mempromosikan diri Anda sendiri yang meliputi nilai, keyakinan dan juga tujuan. 

Personal branding akan menciptakan dan juga memberikan pandangan yang berbeda terhadap sesuatu. Akan terdapat banyak pertanyaan mengenai branding itu sendiri yang meliputi siapa Anda, apa yang Anda lakukan dan apa yang akan Anda lakukan.

Perlu diketahui juga bila personal brand sebenarnya akan secara otomatis terbangun dengan sendirinya meskipun Anda tidak berusaha untuk membuatnya.

Meskipun demikian, tidak ada salahnya bagi Anda untuk membangun branding itu sendiri dengan strategi yang dibutuhkan agar memiliki nilai tertentu di mata publik. 

Tenang saja, membangun citra diri untuk terlihat menjadi lebih baik bukanlah memalsukan identitas, alih-alih Anda justru mengkurasi aspek yang Anda miliki dan menampilkan diri Anda sebaik mungkin di mata publik untuk mencapai tujuan yang ingin Anda capai.

 

Manfaat Personal Branding

Tidak ada salahnya bagi Anda untuk mulai membangun dan mendalami personal branding yang dapat memberikan Anda manfaat lebih banyak dibandingkan tidak membangunnya sama sekali. 

Banyak manfaat yang bisa didapat bila Anda membangun personal branding dengan cara yang tepat. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

  1. Membangun kepercayaan rekan kerja atau pun orang lain.
  2. Menciptakan perbedaan yang membedakan Anda dengan yang lainnya.
  3. Mendapatkan kepercayaan dari publik.
  4. Membantu Anda untuk membangun kredibilitas.
  5. Mendapatkan pengakuan dari publik mengenai bidang yang Anda tekuni.
  6. Memberikan pesan ke masyarakat bahwa brand Anda merupakan solusi dari sebuah masalah dan juga kebutuhan masyarakat.
  7. Membantu Anda untuk memiliki authenticity yang dapat membedakan identitas yang dimiliki dengan brand yang lainnya.

 

Baca Juga: Pengertian Media Komunikasi, Fungsi, Jenis, dan Berbagai Jenisnya

 

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Terkait Personal Branding

Membangun branding untuk Anda pribadi ataupun bisnis yang Anda miliki memang bukanlah hal yang mudah sehingga perlu bagi Anda untuk melakukan berbagai riset dan juga pencarian ide untuk strategi personal branding yang hendak Anda bangun. 

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan personal branding yang kerap ditanyakan bagi setiap orang yang hendak membangunnya.

 

Apakah Membangun Personal Branding Itu Sulit?

Segala hal yang dilakukan demi tujuan yang maksimal tentunya bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan karena akan ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan dilakukan demi mencapai tujuan tersebut. 

Anda pastinya diharuskan untuk melakukan berbagai riset mengenai langkah-langkah dan cara yang tepat bagi Anda untuk mempertahankan image yang Anda bangun mengenai pribadi Anda maupun bisnis Anda.

 

Langkah Apa yang Harus Dilakukan untuk Membangun Personal Branding Pertama Kali?

Untuk membangun personal branding itu sendiri, Anda pastinya diharuskan untuk menelaah dengan cermat mengenai pandangan seperti apa yang ingin Anda dapatkan dari masyarakat.

Setelah mengetahui mengenai hal yang satu itu, Anda dapat memulai untuk mencari hal-hal yang berkaitan mengenai ide tersebut dan mengaplikasikannya kepada diri Anda maupun kepada bisnis yang sedang Anda tekuni. Jangan lupa juga untuk menentukan target audiens dan juga tujuan yang Anda miliki.

 

Kenapa Personal Branding Itu Penting?

Seperti yang dapat kita lihat sendiri, dunia ini semakin lama semakin berkompetisi dalam berbagai hal sehingga untuk terlihat berbeda di tengah keramaian dan kompetisi akan sangat dibutuhkan untuk membedakan diri Anda dari yang lainnya dengan menjadi lebih unik jika dibandingkan dengan kompetitor yang lain. 

 

Baca Juga: Ingin Kerja Lebih Baik? Terapkan Afirmasi Positif!

 

Strategi Membangun Personal Branding

Untuk membangun personal branding yang baik dan juga tepat, tentunya Anda diharuskan untuk menyiapkan strategi yang dapat membantu Anda untuk mencapai tujuan yang Anda inginkan. Berikut ini beberapa strategi yang dapat Anda terapkan:

 

Cari Tahu Apa yang Anda Sukai

Personal branding Anda harus selaras dan mencerminkan kesukaan dan minat Anda. Apa yang ingin Anda lakukan dan atribut serta kualitas apa yang mengekspresikan diri Anda? Jika Anda ingin menjadi pembicara profesional, cerminkan diri Anda sebagai seseorang dengan keterampilan public speaking dan antusias di bidang keahlian Anda.

 

Kembangkan Jejak Sosial Anda

Buat profil yang mencerminkan minat dan keahlian Anda di platform jejaring sosial. Anda bisa menggunakan LinkedIn bila Anda ingin menjadi sosok yang tampak profesional. Jika Anda aktif di Facebook dan Twitter, pastikan profil dan informasi yang Anda bagikan di platform tersebut selalu konsisten.

 

Buat Rencana untuk Diri Sendiri

Bagaimana Anda akan menggunakan citra diri? Sama seperti merek komersial atau korporat mana pun yang memiliki rencana, sasaran, dan target, Anda harus membuat jalur pengembangan diri dengan memanfaatkan dan menopang citra diri. Mulailah dengan membuat keputusan dan perencanaan langkah karier tertentu.

 

Ceritakan Sebuah Cerita

Salah satu cara paling efektif untuk membangun pribadi yang menarik adalah melalui narasi. Pikirkan tentang apa yang membuat cerita Anda unik. Bagaimana pengalaman hidup Anda mempengaruhi pilihan profesional Anda? Semakin banyak warna yang dapat Anda tambahkan ke dalam cerita, semakin menarik kepribadian.

 

Contoh Personal Branding yang Berhasil

Terdapat banyak contoh keberhasilan personal branding yang dapat kita lihat pada masa ini, baik itu untuk  individu maupun sebuah bisnis.

Sebagai contohnya, Anda dapat melihat Oprah Winfrey, salah satu wanita dari Amerika Serikat yang sangat terkenal akan brandingnya yang berawal dari acara talkshow. 

Oprah dapat dikatakan sangat berhasil dalam hal membangun citra dirinya yang kini sudah menjadikannya tidak hanya seorang talk show host namun seorang produser, author dan juga filantropis. Salah satu poin personal brandingnya adalah dengan menjadi autentik dan juga jujur kepada diri sendiri dan kepada para audiens.

Contoh kedua yang sudah terbukti berhasil adalah aktor ternama Dwayne Johnson atau yang biasa dikenal dengan

The Rock. Personal branding yang dimilikinya mencakupi kemampuannya dalam berakting. Ia memiliki image yang kuat dan selalu beradu peran menjadi seorang jagoan. Tidak heran bila Dwayne Johnson dapat dikatakan sebagai seseorang yang memiliki personal branding yang sukses dan juga konsisten

Demikianlah beberapa hal terkait personal branding yang kini kian melejit pada berbagai kalangan. Semoga Anda dapat memahami betapa pentingnya membangun citra dan persona diri agar dapat menjadi seseorang yang berbeda dan juga otentik dibandingkan yang lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat.