testimoni pelanggan

Testimoni Pelanggan: Tingkatkan Brand Perusahaan Anda

Hampir semua bisnis masa kini melakukan kegiatan marketing online. Dalam pemasaran modern seperti ini tidak asing lagi dengan istilah testimoni pelanggan. Pada dasarnya, istilah ini merupakan bentuk pernyataan konsumen saat merasa puas maupun kecewa atas produk yang dibeli. Seperti apa lengkapnya? 

 

Apa Itu Testimoni Pelanggan? 

Dalam sebuah penjualan barang atau jasa, seringkali pelanggan memberikan  kesaksian terhadap kekecewaan atau kepuasan dari penggunaan barang atau jasa yang telah dibeli. Secara ringkas, testimoni diartikan sebagai bentuk pernyataan yang diberikan pelanggan berdasarkan pengalaman bertransaksi dan menggunakan produk. Contohnya, saat seseorang hendak membeli produk herbal dari marketplace atau toko online.  

Pelanggan merasakan proses transaksi pembayaran, komunikasi, dan pengiriman sampai barang tiba di tempat pelanggan. Apabila semua tahapan tersebut berjalan lancar, maka pelanggan mengalami hal-hal positif.

Setelah itu, pelanggan baru mengirimkan pesan untuk penjual. Seperti berbagi pengalaman karena merasa puas dengan produk dan layanan dari penjual. Namun, ada juga pelanggan yang memberikan tanggapan negatif karena merasa tidak puas.

 

Manfaat Testimoni yang Baik

Rata-rata calon pelanggan bersikap ragu terhadap produk yang pertama kali dibeli. Terutama produk-produk yang berpengaruh besar bagi kehidupan seperti produk kecantikan dan kesehatan. Sehingga calon pelanggan cenderung mencari tahu kualitas produk melalui testimoni yang sudah diberikan pelanggan-pelanggan sebelumnya. Menurut Bright Local, 92% pelanggan mencari tanggapan mengenai produk secara online. Maka dari itu, peranan testimoni pelanggan sangat penting.

 

1. Meningkatkan Rasa Kepercayaan Pelanggan

Tanggapan yang diberikan pelanggan dapat mempengaruhi pikiran para calon pelanggan. Terkhususnya membuat orang-orang lebih percaya dengan kualitas produk dan layanan penjualan yang dilakukan penjual.

Jadi, memperlihatkan tanggapan positif dari pelanggan sebelumnya merupakan reputasi bisnis yang wajib dipertahankan. Adanya reputasi baik secara otomatis memunculkan kepercayaan pelanggan untuk membeli produk.

 

Baca juga: Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan

 

2. Media Pemasaran Gratis

Testimoni juga termasuk strategi pemasaran alami dan sangat efektif bagi semua bisnis. Secara langsung tanggapan yang baik dapat menjadi alat pemasaran gratis yang langsung dikemukakan pelanggan. Dulunya testimoni adalah pendapat pelanggan yang tersebar ke masyarakat dari mulut ke mulut atau word of mouth. Biasanya diutarakan kepada orang terdekat pelanggan, misalnya keluarga, teman, rekan kerja. Dari sinilah kualitas dan presentasi produk menyebar lebih cepat dan luas.

 

3. Bahan Materi Iklan

Kehadiran tanggapan positif juga menjadi bagian strategi pemasaran. Salah satu yang terpenting sebagai materi iklan. Biasanya pelanggan lama memberikan testimoni berupa teks yang dikirim melalui whatsapp, komentar, pesan teks, dan update story. Semua tanggapan inilah menjadi bahan pemasaran yang memberi efek positif bagi calon pelanggan.

 

Baca Juga : 7 Pilihan Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

 

4. Bahan Evaluasi

Tidak semua pelanggan memberikan tanggapan dari pelanggan bersifat positif. Ada juga pelanggan yang merasa tidak puas dengan pelayanan dan kualitas produk lalu memberikan tanggapan negatif berupa kritikan. Jika melihat tanggapan negatif tersebut juga patut disyukuri karena menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki bisnis dan meningkatkan kualitas produk.

 

5. Bentuk Apresiasi 

Testimoni juga dapat dikatakan sebagai bentuk perhatian yang diberikan oleh pelanggan kepada penjual. Anda sebagai penjual tidak ada salahnya membaca dan membalas tanggapan yang diberikan pelanggan.  Mereka pun akan merasa dihargai dan mendapat apresiasi yang baik. Sehingga pelanggan merasa cocok berbelanja di toko online Anda dan menjadi lebih royal. 

 

Cara Mendapatkan Testimoni Pelanggan Yang Baik

Ketahuilah bahwa testimoni positif diawali rasa pengalaman memuaskan saat pelanggan membeli dan menggunakan produk. Jadi, sangat penting memperoleh pendapat dan masukan dari pelanggan yang baik melalui cara-cara berikut ini: 

 

1. Media Interaksi Dengan Pelanggan

Setelah pelanggan membeli dan menerima produk tidak ada salahnya sebagai penjual melakukan follow up. Salah satunya meminta testimoni pelanggan melalui email, aplikasi chatting, dan kolom komentar. Perusahaan juga dapat memanfaatkan media sosial untuk menjangkau pelanggan lebih luas. 

 

2. Menghargai Semua Tanggapan Pelanggan

Semua masukan yang diberikan pelanggan baik bersifat positif dan negatif berdampak besar terhadap pemasaran. Sangat disarankan belajar menghargai ulasan yang para pelanggan berikan. Caranya dengan memberikan penghargaan seperti voucher diskon. Siapa yang tak suka diskon? Pelanggan yang merasa senang karena mendapatkan diskon akan memberikan tanggapan positif. 

 

Baca Juga : Cara Sukseskan Penjualan dengan Direct Marketing !

 

3. Merespon Positif Untuk Tanggapan Negatif

Tentunya tidak setiap pelanggan memberikan tanggapan positif. Apabila Anda memperoleh respon negatif maka bersiaplah menanggapinya dengan sopan dan jelas. Hindari membalas testimoni negatif dengan jawaban yang negatif atau merendahkan pelanggan. Cara terbaik membalas testimoni negatif dengan meminta maaf dan membantu menyelesaikan masalah pelanggan. Selanjutnya, berilah jaminan kepada pelanggan bahwa hal tersebut tidak akan terulang di kemudian hari. 

 

Kesimpulan

Penjelasan di atas menyimpulkan bahwa testimoni adalah bentuk kesaksian dari pelanggan atas produk atau jasa yang diberikan. Setiap pelanggan pasti memberikan respon berbeda. Oleh karenanya penjual harus bijak menanggapi karena menunjukkan citra penjualan. Testimoni juga memiliki pengaruh terhadap pemasaran dan perkembangan bisnis. Apalagi kenyataannya sebelum membeli produk, orang-orang memilih melihat testimoni yang diberikan pelanggan.